Pimpin Pertemuan Perdamaian Internasional, Menlu Rusia Dikecam Diplomat Barat

Selasa, 25 April 2023 - 17:03 WIB
loading...
Pimpin Pertemuan Perdamaian Internasional, Menlu Rusia Dikecam Diplomat Barat
Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergey Lavrov menuai kecaman saat memimpin sebuah sesi di Dewan Keamanan PBB. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW YORK - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov menuai kecaman atas serangan negaranya yang tidak beralasan terhadap Ukraina dari para diplomat Barat saat memimpin sesi tatap muka di Dewan Keamanan PBB.

Lavrov bertanggung jawab atas pertemuan bertajuk "Pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional," karena Rusia saat ini memegang jabatan presiden bergilir Dewan Keamanan. Terakhir kali Rusia memimpin Dewan Keamanan adalah Februari 2022, ketika meluncurkan invasi ke Ukraina.

Duta besar PBB untuk Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Swiss semuanya menggunakan pidato mereka di pertemuan tersebut untuk mengutuk invasi Rusia. Ketiga wanita itu – Linda Thomas-Greenfield dari AS, Barbara Woodward dari Inggris, dan Pascale Baeriswyl dari Swiss – semuanya menyuarakan kritik keras dan langsung terhadap Rusia serta Lavrov, terkadang menatap langsung ke diplomat top Rusia.

“Pemimpin munafik kita hari ini, Rusia, menginvasi tetangganya, Ukraina, dan menyerang jantung Piagam PBB. Perang ilegal, tidak beralasan, dan tidak perlu ini secara langsung bertentangan dengan prinsip kita yang paling umum – bahwa perang agresi dan penaklukan teritorial tidak pernah dapat diterima,” kata Thomas-Greenfield.

“Saat kita duduk di sini, agresi itu berlanjut. Saat kami duduk di sini, pasukan Rusia terus membunuh dan melukai warga sipil. Saat kita duduk di sini, pasukan Rusia sedang menghancurkan infrastruktur penting Ukraina. Saat kami duduk di sini, kami mempersiapkan diri untuk Bucha berikutnya, Mariupol berikutnya, Kherson berikutnya, kejahatan perang berikutnya, kekejaman berikutnya,” tambahnya seperti dikutip dari CNN, Selasa (25/4/2023).

Membuka sidang, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga mengecam tindakan Rusia tersebut.



“Invasi Rusia ke Ukraina, yang melanggar Piagam PBB dan hukum internasional, menyebabkan penderitaan dan kehancuran besar-besaran bagi negara dan rakyatnya serta menambah dislokasi ekonomi global yang dipicu oleh pandemi Covid-19,” katanya sambil duduk di sebelah kanan Lavrov.

Diplomat Rusia sebagian besar terputus dari berbagai konferensi internasional sejak Moskow meluncurkan invasi besar-besaran ke Ukraina tahun lalu. Namun, kepemimpinan Dewan Keamanan, badan PBB yang paling kuat, digilir menurut abjad di antara 15 negara anggotanya. Lima negara – Cina, Prancis, Rusia, Inggris, dan AS – memiliki kursi permanen di dewan tersebut. 10 anggota yang tersisa dipilih untuk masa jabatan dua tahun oleh Majelis Umum PBB.

Rusia mengambil alih kursi kepresidenan pada 1 April, sebuah peristiwa yang digambarkan oleh banyak diplomat sebagai "lelucon April Mop."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)