Evakuasi Berlanjut, Kapal AL Saudi Angkut 199 Warga Asing dari Sudan

Selasa, 25 April 2023 - 08:20 WIB
loading...
Evakuasi Berlanjut, Kapal AL Saudi Angkut 199 Warga Asing dari Sudan
Evakuasi Berlanjut, Kapal AL Saudi Angkut 199 Warga Asing dari Sudan. FOTO/SPA
A A A
RIYADH - Sebuah kapal milik Angkatan Laut Arab Saudi mengangkut 199 pengungsi dari berbagai negara dari Sudan dalam evakuasi lanjutan. Kapal itu tiba di Pangkalan Angkatan Laut Raja Faisal di Jeddah, Senin (24/4/2023).

“Sebagai kelanjutan dari upaya yang dilakukan oleh Kerajaan Arab Saudi di bawah arahan kepemimpinannya yang bijaksana dalam mengevakuasi warganya dan warga negara dari negara-negara persaudaraan dan sahabat dari Republik Sudan ke Kerajaan,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Saudi.



“Sepuluh warga Saudi tiba di kota Jeddah malam ini, dan jumlah warga negara persaudaraan dan negara sahabat yang dievakuasi mencapai 189 orang,” lanjut pernyataan itu, seperti dikutip dari Arab News.

“Ini menjadikan total mereka yang telah dievakuasi dari Sudan sejak dimulainya operasi evakuasi menjadi sekitar 356 orang, 101 warga Saudi dan 255 lainnya dari 26 negara,” tambahnya.

Para pengungsi termasuk 104 warga negara Libya, 45 warga Lebanon, 15 warga Suriah, empat warga Sudan, tiga warga Irak, dua warga Turki, dan satu warga negara Swedia.

Selain 10 warga Saudi yang juga berada di kapal, ada lima orang Inggris dan dua pengungsi masing-masing dari Qatar, AS dan Italia, selain tiga warga negara dari Belanda dan seorang warga Tanzania.



“Izinkan saya mengulangi apa yang dikatakan Presiden Biden pada hari Minggu, kami berterima kasih kepada Arab Saudi dan rakyat Arab Saudi,” kata Faris Y. Asad, Konsul Jenderal AS, kepada Arab News.

“Kami juga berterima kasih kepada teman dan mitra kami di Kerajaan atas semua bantuan mereka. Pemerintah Saudi sangat terbuka dengan kami, dengan apa yang terjadi, jadi kami sangat menghargai itu, kami menantikan hari ini untuk kedatangan warga negara kami,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)