Biden Berterimakasih pada Saudi atas Evakuasi Warga Asing dari Sudan

Senin, 24 April 2023 - 11:00 WIB
loading...
Biden Berterimakasih pada Saudi atas Evakuasi Warga Asing dari Sudan
Biden Berterimakasih pada Saudi atas Evakuasi Warga Asing dari Sudan. FOTO/SPA
A A A
RIYADH - Lebih dari 150 orang dari berbagai negara mencapai zona aman di Arab Saudi dalam upaya pertama evakuasi warga asing dari Sudan. Evakuasi dilakukan saat pertempuran antara tentara dan paramiliter Sudan memasuki minggu kedua, setelah sempat terhenti karena jeda singkat.

Negara-negara asing mengatakan mereka sedang mempersiapkan kemungkinan evakuasi lebih dari ribuan warga negara mereka, meskipun bandara utama Sudan tetap ditutup.



Ketika pasukan Angkatan Laut Kerajaan Arab Saudi mengangkut warga sipil, termasuk diplomat dan pejabat internasional, melintasi Laut Merah dari Port Sudan ke Jeddah, pertempuran kembali terjadi di ibu kota Sudan, Khartoum.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengumumkan "kedatangan yang aman" dari 91 warganya bersama dengan warga negara dari Kuwait, Qatar, UEA, Mesir, Tunisia, Pakistan, India, Bulgaria, Bangladesh, Filipina, Kanada, dan Burkina Faso, Sabtu (22/4/2023).

Ditambahkan bahwa para diplomat dan pejabat internasional termasuk di antara mereka yang tiba dalam operasi evakuasi yang dilakukan oleh Angkatan Laut Kerajaan Saudi dengan dukungan berbagai cabang Angkatan Bersenjata.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berterima kasih kepada Kerajaan Arab Saudi, Djibouti, dan Ethiopia karena telah memfasilitasi rencana untuk mengeluarkan personel AS dari Khartoum.



“Saya berterima kasih kepada Djibouti, Ethiopia, dan Arab Saudi, yang sangat penting bagi keberhasilan operasi kami,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Arab News. Ia juga menyerukan gencatan senjata untuk memungkinkan “akses kemanusiaan tanpa hambatan, dan menghormati keinginan rakyat Sudan”.

Kementerian Saudi mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kerajaan bekerja untuk menyediakan semua kebutuhan dasar warga negara asing dalam persiapan keberangkatan mereka ke negara mereka”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)