Macron Peringatkan Le Pen Dapat Rebut Kekuasaan di Prancis

Senin, 24 April 2023 - 19:01 WIB
loading...
Macron Peringatkan Le Pen Dapat Rebut Kekuasaan di Prancis
Politisi sayap kanan Prancis Marine Le Pen. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Kelompok sayap tengah Prancis kemungkinan akan kalah dari politisi sayap kanan, yaitu Marine Le Pen, dalam pemilu presiden 2027 jika "tantangan" saat ini dibiarkan tidak terselesaikan.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memperingatkan hal itu dalam pernyataan terbaru.

Dia berbicara kepada surat kabar Le Parisien dalam wawancara yang diterbitkan pada hari Minggu (23/4/2023).

Macron mengatakan Le Pen akan menjadi pemenang politik terbesar dari kekacauan yang sedang berlangsung di negara tersebut.

“Marine Le Pen akan tiba (berkuasa) jika kita tidak mampu menjawab tantangan negara dan jika kita memperkenalkan kebiasaan berbohong atau menyangkal kenyataan,” ujar presiden Prancis itu.



Mengingat alat utama Le Pen dan sejenisnya adalah “populisme,” lanjutnya, tidak mungkin kaum sentris bersaing dengan kaum sayap kanan di bidang pembuatan janji.

Sebaliknya, kubu sayap tengah harus memenangkan kembali pemilih melalui tindakan nyata, mengatasi tantangan “reindustrialisasi”, “ekologi”, dan “perjuangan untuk layanan publik kita,” menurut Macron.

Macron juga mendukung reformasi pensiunnya yang sangat memecah belah. Dia menegaskan kembali pendiriannya bahwa satu-satunya kesalahan nyata tentang hal itu adalah tidak cukup mengiklankan langkah yang tidak populer itu kepada publik.

“Mungkin kesalahannya adalah tidak cukup hadir untuk memberikan substansi pada reformasi dan melakukannya sendiri,” papar Macron.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)