Polisi Iran Gelar Razia, Buru Wanita yang Tidak Mengenakan Hijab

Minggu, 16 April 2023 - 16:30 WIB
loading...
Polisi Iran Gelar Razia, Buru Wanita yang Tidak Mengenakan Hijab
Polisi Iran Gelar Razia, Buru Wanita yang Tidak Mengenakan Hijab. FOTO/Iranwire
A A A
TEHERAN - Polisi di Iran mengatakan pada Sabtu (15/4/2023), bahwa mereka telah menerapkan rencana untuk menangani wanita yang melanggar kode berpakaian negara tersebut. Di Iran, kaum wanita wajib mengenakan hijab atau jilbab jika bepergian ke luar rumah.

Jumlah perempuan yang menentang aturan berpakaian bahwa jilbab harus dipakai di depan umum telah meningkat sejak gerakan protes dipicu oleh kematian dalam tahanan tahun lalu Mahsa Amini Kurdi-Iran, 22, karena diduga melanggar aturan itu.



Sebuah pernyataan di situs web polisi pada hari Sabtu mengatakan, tindakan akan diambil "mulai hari ini" atas pelanggaran di tempat umum, di mobil, dan "situs lain di mana hijab terkadang dilepas".

“Dalam konteks ini, teknologi akan digunakan untuk mengidentifikasi secara cerdas orang-orang yang melanggar hukum,” sebut pernyataan itu, seperti dikutip dari AFP.

“Melepas jilbab dianggap sebagai kejahatan, dan polisi menangani anomali sosial dalam kerangka hukum,” kata kepala Polisi Keamanan Hassan Mofakhami dalam pernyataan tersebut.

“Orang yang melanggar hukum bertanggung jawab atas tindakannya dan harus dimintai pertanggungjawaban atas perilakunya,” tambahnya.



Gelombang protes sipil melanda republik Islam tersebut setelah kematian Amini pada 16 September lalu, tiga hari setelah penangkapannya oleh polisi moralitas.

Ribuan orang ditangkap, ratusan tewas - termasuk anggota pasukan keamanan - dan empat orang dieksekusi karena kerusuhan sipil setelah kematian Amini, dengan Iran melabeli protes tersebut sebagai "kerusuhan" yang dipicu oleh asing.

Mofakhami juga memperingatkan bahwa bisnis yang karyawannya melepas jilbabnya di tempat kerja menghadapi penutupan. Dia mengatakan dalam kasus seperti itu peringatan akan dikeluarkan, tetapi jika peringatan itu diulangi, penutupan bisnis akan menjadi agenda.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)