Jadi Korban Penyiraman Yoghurt, Dua Wanita Iran Malah Ditangkap karena Tak Berjilbab

Minggu, 02 April 2023 - 08:46 WIB
loading...
Jadi Korban Penyiraman Yoghurt, Dua Wanita Iran Malah Ditangkap karena Tak Berjilbab
Jadi korban penyiraman yoghurt, dua wanita Iran malah ditangkap karena tidak mengenakan jilbab. Foto/Sky News
A A A
TEHERAN - Dua wanita Iran ditangkap karena tidak menutup rambut mereka di depan umum setelah disiram yoghurt oleh seorang pria. Itu terjadi setelah video insiden itu viral di media massa.

Dalam video tersebut, dua wanita itu didekati oleh seorang pria yang mengajak mereka ngobrol. Pria itu kemudian mengambil apa yang tampak seperti yoghurt dari rak dan menyiramkannya ke atas kepala mereka. Pria itu kemudian didorong keluar oleh penjaga toko.

Pengadilan Iran mengatakan kedua wanita itu kemudian ditahan karena diduga melanggar aturan penggunaan jilbab negara itu. Memperlihatkan rambut bagi wanita Iran merupakan tindakan ilegal

Pengadilan menambahkan pria itu juga ditangkap karena mengganggu ketertiban umum.

"Surat perintah penangkapan dikeluarkan dan ketiganya kemudian ditangkap," lapor kantor berita pengadilan Mizan, seperti dikutip dari BBC, Minggu (2/4/2023).



Ditambahkan bahwa pemberitahuan yang diperlukan telah dikeluarkan kepada pemilik toko untuk memastikan patuh terhadap hukum.

Tidak mengenakan jilbab di depan umum adalah tindakan ilegal bagi wanita di Iran. Namun di kota-kota besar, banyak orang yang berjalan-jalan tanpa jilbab meskipun ada aturannya.

Penangkapan itu terjadi menyusul aksi protes selama berbulan-bulan di negara itu menuntut diakhirinya kewajiban mengenakan jilbab.

Protes menyebar di seluruh Republik Islam pada bulan September setelah kematian Mahsa Amini, seorang wanita berusia 22 tahun yang ditahan oleh polisi moralitas di Teheran karena diduga mengenakan jilbabnya "secara tidak benar".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)