Kelompok Houthi - Koalisi Arab Lakukan Pertukaran Tahanan

Jum'at, 14 April 2023 - 16:11 WIB
loading...
Kelompok Houthi - Koalisi Arab Lakukan Pertukaran Tahanan
Kelompok pemberontak Yaman, Houthi, melakukan pertukaran tahanan dengan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi. Foto/The Hindu
A A A
SANAA - Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mengatakan pertukaran lebih dari 800 tahanan yang terkait dengan perang Yaman telah berlangsung pada Jumat (14/4/2023). Kesepakatan yang ditengahi oleh PBB itu terjadi di tengah upaya diplomatik bersama untuk merundingkan diakhirinya konflik.

Pertukaran tahanan ini ditandai dengan pesawat pertama berangkat dari Sanaa yang dikuasai Houthi ke Aden yang dikendalikan pemerintah.

“Penerbangan pertama dari Sanaa telah berangkat,” kata penasihat media ICRC Jessica Moussan kepada AFP, menandakan dimulainya operasi tiga hari yang akan membebaskan hampir 900 tahanan, seperti dikutip dari Al Arabiya.



Lebih dari 300 tahanan akan terbang di antara kedua kota itu pada Jumat. Nantinya, para tahanan juga akan dibebaskan di Marib dan Mokha, serta di Riyadh dan Abha di negara tetangga Arab Saudi.

Pertukaran itu adalah bukti lebih lanjut dari penurunan ketegangan setelah pembicaraan gencatan senjata diadakan di Sanaa minggu ini antara milisi Houthi yang didukung Iran dan delegasi dari Arab Saudi.

Houthi menguasai Sanaa pada tahun 2014, menggulingkan pemerintah yang diakui secara internasional dan memicu intervensi militer pimpinan Arab Saudi pada bulan Maret berikutnya.



Ratusan ribu orang telah terbunuh oleh penyebab langsung dan tidak langsung dalam perang yang memicu salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia, menurut perkiraan PBB.

Bulan lalu, Arab Saudi dan Iran sepakat untuk membangun kembali hubungan resmi setelah perpecahan selama tujuh tahun, sebuah pengumuman yang dengan cepat mengubah peta diplomatik.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)