Drone Houthi Serang Konvoi Menteri Pertahanan Yaman di Taiz

Minggu, 26 Maret 2023 - 16:30 WIB
loading...
Drone Houthi Serang Konvoi Menteri Pertahanan Yaman di Taiz
Ilustrasi
A A A
SANAA - Seorang tentara pemerintah Yaman tewas dan dua lainnya terluka pada Sabtu (25/3/2023), ketika sebuah pesawat tak berawak bermuatan bahan peledak yang ditembakkan oleh pemberontak Houthi menyerang sebuah konvoi yang membawa para pemimpin militer senior Yaman.

Petinggi militer Yaman yang berada dalam rombongan itu termasuk Menteri Pertahanan Yaman, Letnan Jenderal Mohsen Al-Daeri. Serangan terjadi di daerah Taiz, sebuah kota yang terkepung.



Seorang pejabat pemerintah Yaman mengatakan kepada Arab News, Houthi meluncurkan pesawat tak berawak ke konvoi yang membawa menteri pertahanan, kepala staf militer, dan gubernur Taiz saat mereka melakukan perjalanan dari kota Laut Merah Mocha ke Taiz.

Al-Daeri dan semua pejabat pemerintah lainnya tidak terluka. Muammar Al-Eryani, menteri informasi Yaman, menuduh Houthi berusaha menggagalkan upaya perdamaian.

“Penargetan berdosa ini, yang muncul setelah eskalasi terus-menerus milisi teroris Houthi di berbagai bidang, menegaskan desakannya pada upaya sabotase untuk memulihkan gencatan senjata dan menenangkan situasi,” kata menteri itu di Twitter.

Al-Eryani sebelumnya telah memperingatkan bahwa operasi militer skala besar akan dilanjutkan di seluruh negara jika Houthi melanjutkan serangan mereka terhadap tentara pemerintah, khususnya di provinsi tengah Marib.



Puluhan pejuang telah terbunuh atau terluka sejak awal pekan lalu, ketika Houthi memulai serangkaian serangan hebat terhadap pasukan pemerintah di distrik Hareb, selatan provinsi Marib, merebut beberapa desa.

Serangan-serangan itu, serta penembakan dan serangan darat lainnya yang tidak terlalu intens di Taiz, telah memupus harapan akan solusi damai untuk perang tersebut.

Al-Eryani mengatakan serangan Houthi di Hareb telah mengakibatkan pemindahan sejumlah besar orang dan menimbulkan prospek konflik habis-habisan, yang akan mengakhiri perdamaian relatif negara itu sejak gencatan senjata yang ditengahi PBB mulai berlaku pada bulan April tahun lalu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)