Spesifikasi Sara, Robot AI Arab Saudi yang Mampu Berbicara dan Menari

Senin, 10 April 2023 - 16:02 WIB
loading...
Spesifikasi Sara, Robot AI Arab Saudi yang Mampu Berbicara dan Menari
Robot Sara menyambut peserta konferensi teknologi LEAP 2023 di Riyadh, Arab Saudi. Foto/Asharq Al-Awsat
A A A
RIYADH - Di era yang serba canggih seperti sekarang, berbagai negara menunjukkan kemajuan teknologi, terutama kecerdasan buatan atau AI berupa robot.

Arab Saudi merupakan salah satu negara yang memiliki robot canggih yang sangat menyerupai manusia bernama Sara.

Robot interaktif pertama milik Saudi ini pertama kali terlihat menyambut peserta konferensi teknologi LEAP 2023 yang digelar di Riyadh. Dalam momen itu, robot Sara juga diluncurkan.

Robot canggih itu diproduksi atas kerja sama Saudi Digital dan QSS (Quality Support Solutions) Company. Sara memiliki kemampuan beberapa bahasa, menerima perintah, menjawab pertanyaan, hingga berinteraksi.



Selain itu, robot Sara juga mampu bergerak dan bereaksi secara cepat, serta merespons emosi. Anggota tubuh Sara dapat bergerak dengan cukup leluasa, seperti pada bagian tangan dan leher.

Langkah pertama yang dikerjakan untuk menciptakan robot Sara adalah membuat struktur tulang atau kerangka robot selama 3 dimensi (3D).

Selanjutnya, produsen melakukan pemodelan kepala secara 3D. Pemodelan tersebut dilakukan dengan perangkat lunak dan bantuan komputer.

Sara kemudian melalui proses pengeditan atau rendering. Melansir laman QSS, representasi visual robot dilakukan dengan melakukan simulasi cahaya dan bayangan pada model 3 dimensinya.

Kemudian, patung kepala dan bagian tubuh dibuat dengan teknik pemodelan. Terakhir, seluruh komponen fisik robot disatukan sehingga terbentuk tubuh robot secara utuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)