Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan Kacau, Biden Salahkan Trump

Jum'at, 07 April 2023 - 09:30 WIB
loading...
A A A
AS melakukan serangan pesawat tak berawak di Kabul beberapa hari kemudian, mengatakan telah menargetkan seorang pembom bunuh diri, hanya untuk mengakui bahwa rudal tersebut telah menewaskan 10 warga sipil, termasuk tujuh anak.



Pasukan Inggris juga terlibat dalam penarikan itu, yang menurut Menteri Pertahanan Ben Wallace pada saat itu telah menempatkan Inggris "dalam posisi yang sangat sulit".

Pada hari Kamis, juru bicara keamanan nasional Presiden Biden, John Kirby, menyalahkan kekacauan pada operasi di Afghanistan yang diwarisi dari pemerintahan Trump.

Laporan tersebut mengacu pada pengabaian - dan dalam beberapa kasus degradasi yang disengaja oleh administrasi Trump.

Kirby mengatakan frasa itu mengacu pada perjanjian yang telah dicapai mantan presiden AS itu dengan pemberontak setahun sebelumnya di Qatar untuk mengakhiri perang, serta penarikan pasukan AS selama masa jabatan Trump, pembebasan ribuan tahanan Taliban dan pengosongan keluar dari program visa yang digunakan untuk mengevakuasi sekutu Afghanistan.

"Peralihan itu penting," kata Mr Kirby, saat dia mempresentasikan ringkasan laporannya.

"Itulah pelajaran pertama yang dipelajari di sini. Dan administrasi yang akan datang tidak mampu memberikan banyak hal," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Jumat (7/4/2023).

Tetapi laporan itu menyalahkan pemerintah dan militer Afghanistan atas penundaan ini, bersama dengan penilaian komunitas militer dan intelijen AS.

Kirby mengatakan bahwa Biden telah bertindak berdasarkan penilaian militer terbaik dan penilaian terbaik dari komunitas intelijen tetapi beberapa penilaian itu ternyata salah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)