Pecahkan Rekor Sendiri, Sherpa Kami Rita Mendaki Puncak Everest ke-29 Kali

Minggu, 12 Mei 2024 - 15:20 WIB
loading...
Pecahkan Rekor Sendiri, Sherpa Kami Rita Mendaki Puncak Everest ke-29 Kali
Sherpa Kami Rita memecahkan rekor mendaki Puncak Everest sebanyak 29 kali. Foto/AP
A A A
KATHMANDU - Salah satu pemandu pendakian terhebat di Puncak Everest telah mendaki puncak tertinggi di dunia untuk ke-29 kalinya, memperpanjang rekornya sendiri sebagai orang yang paling sering mencapai puncak.

"Kami Rita mencapai puncak setinggi 8.849 meter pada hari Minggu (14/5/2024) pukul 7:25 waktu setempat bersama dengan pendaki lainnya," kata Mingma Sherpa dari penyelenggara ekspedisi Seven Summits Treks, dilansir AP. Dia dilaporkan dalam keadaan sehat dan sudah dalam perjalanan ke kamp-kamp yang lebih rendah.

Kami Rita telah mendaki Gunung Everest dua kali tahun lalu, mencetak rekor pendakian terbanyak pada pendakian pertama dan menambah rekor tersebut kurang dari seminggu kemudian.

Dia dan sesama pemandu Sherpa Pasang Dawa telah bersaing satu sama lain untuk memperebutkan gelar pendaki terbanyak di puncak tertinggi dunia. Pasang Dawa memiliki 27 pendakian gunung yang berhasil.



Kami Rita pertama kali mendaki Everest pada tahun 1994 dan sejak itu terus melakukan perjalanan tersebut hampir setiap tahun. Dia adalah salah satu dari banyak pemandu Sherpa yang keahlian dan keterampilannya sangat penting bagi keselamatan dan keberhasilan pendaki asing setiap tahun yang ingin berdiri di puncak gunung.

Ayahnya adalah salah satu pemandu Sherpa pertama. Selain pendakian Everest, Kami Rita telah mendaki beberapa puncak lainnya yang termasuk tertinggi di dunia, termasuk K2, Cho Oyu, Manaslu, dan Lhotse.

Mingma Sherpa mengatakan cuaca di gunung itu bagus dan mendukung untuk pendakian ke puncak.

Kelompok pendaki pertama mencapai puncak Everest beberapa hari yang lalu dan ada ratusan pendaki lainnya yang akan mencoba mendaki gunung tersebut bulan ini.

Pihak berwenang Nepal telah mengeluarkan ratusan izin pendakian kepada pendaki asing, setidaknya sebanyak pemandu Sherpa lokal yang akan menemani mereka selama musim pendakian.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)
pixels