Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan Kacau, Biden Salahkan Trump

Jum'at, 07 April 2023 - 09:30 WIB
loading...
Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan Kacau, Biden Salahkan Trump
Pemerintahan Presiden Joe Biden menyalahkan Donald Trump atas kacaunya penarikan pasukan AS di Afghanistan. Foto/Washington Times
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyalahkan kekacauan penarikan pasukan dari Afghanistan pada pendahulunya, Donald Trump , dalam sebuah laporan baru.

Ringkasan laporan setebal 12 halaman mengatakan Biden "sangat dibatasi" oleh keputusan Trump, termasuk kesepakatan 2020 dengan Taliban untuk mengakhiri perang.

Namun laporan tersebut juga mengakui bahwa pemerintah seharusnya memulai evakuasi warga sipil lebih awal.

Penarikan mematikan pada Agustus 2021 mengakhiri perang terpanjang Amerika.

Tiga belas tentara Amerika dan hampir 200 warga Afghanistan tewas saat pasukan AS bergegas mengevakuasi lebih dari 120.000 orang dalam hitungan hari.

Peninjauan keputusan dan tindakan menjelang penarikan, yang dilakukan oleh Departemen Luar Negeri dan Pentagon, dikirim secara pribadi ke Kongres pada hari Kamis waktu setempat.

Partai Republik di DPR AS, yang sedang menyelidiki penarikan itu, telah menuntut untuk melihat laporan itu selama berminggu-minggu.

Dokumen tersebut tetap dirahasiakan, tetapi ringkasan kesimpulannya - yang disusun oleh Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dengan masukan dari Presiden Biden sendiri - telah tersedia untuk umum.

Ketika pemerintah Afghanistan runtuh, ada adegan putus asa di bandara Kabul saat kerumunan besar berusaha melarikan diri dari Taliban.

Pada 26 Agustus, serangan di bandara oleh dua pelaku bom bunuh diri menewaskan 170 warga Afghanistan dan 13 tentara AS.

AS melakukan serangan pesawat tak berawak di Kabul beberapa hari kemudian, mengatakan telah menargetkan seorang pembom bunuh diri, hanya untuk mengakui bahwa rudal tersebut telah menewaskan 10 warga sipil, termasuk tujuh anak.



Pasukan Inggris juga terlibat dalam penarikan itu, yang menurut Menteri Pertahanan Ben Wallace pada saat itu telah menempatkan Inggris "dalam posisi yang sangat sulit".

Pada hari Kamis, juru bicara keamanan nasional Presiden Biden, John Kirby, menyalahkan kekacauan pada operasi di Afghanistan yang diwarisi dari pemerintahan Trump.

Laporan tersebut mengacu pada pengabaian - dan dalam beberapa kasus degradasi yang disengaja oleh administrasi Trump.

Kirby mengatakan frasa itu mengacu pada perjanjian yang telah dicapai mantan presiden AS itu dengan pemberontak setahun sebelumnya di Qatar untuk mengakhiri perang, serta penarikan pasukan AS selama masa jabatan Trump, pembebasan ribuan tahanan Taliban dan pengosongan keluar dari program visa yang digunakan untuk mengevakuasi sekutu Afghanistan.

"Peralihan itu penting," kata Mr Kirby, saat dia mempresentasikan ringkasan laporannya.

"Itulah pelajaran pertama yang dipelajari di sini. Dan administrasi yang akan datang tidak mampu memberikan banyak hal," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Jumat (7/4/2023).

Tetapi laporan itu menyalahkan pemerintah dan militer Afghanistan atas penundaan ini, bersama dengan penilaian komunitas militer dan intelijen AS.

Kirby mengatakan bahwa Biden telah bertindak berdasarkan penilaian militer terbaik dan penilaian terbaik dari komunitas intelijen tetapi beberapa penilaian itu ternyata salah.

Dia menolak untuk mengatakan apakah presiden menyesali bagaimana penarikan dilakukan.

"Untuk semua pembicaraan tentang kekacauan ini, saya tidak melihatnya," dia menambahkan.

Menyusul jatuhnya Kabul, pemerintahan Biden menerima kritik pedas di dalam dan luar negeri. Banyak yang mengungkapkan kemarahan atas ditinggalkannya warga Afghanistan dan persenjataan AS.



"Beberapa pelajaran telah dipelajari dari akhir perang di Afghanistan, terutama seputar kegagalan untuk memprediksi keruntuhan mendadak pemerintah Afghanistan," kata Kirby.

Dia menambahkan ini telah mempengaruhi kebijakan AS mendukung Ukraina menjelang invasi Rusia.

Pada jumpa pers Gedung Putih yang panas, Kirby terpaksa mempertahankan waktu rilis menjelang liburan akhir pekan di AS.

Ditanya apakah ada pejabat yang terlibat dalam penarikan itu akan dicopot dari jabatannya sebagai akibat dari laporan itu, Kirby mengatakan tujuannya "bukan pertanggungjawaban".

Menanggapi hal itu, Trump menjawab bahwa Gedung Putih memainkan "permainan disinformasi".

Trump membalas di media sosial dalam beberapa jam setelah laporan itu dirilis.

"Orang-orang bodoh di Gedung Putih memainkan permainan disinformasi baru - Menyalahkan TRUMP untuk menyerahkan mereka yang sangat tidak kompeten di Afghanistan," katanya.

"Biden yang bertanggung jawab, tidak ada orang lain!" tegasnya.

Michael McCaul, Republikan peringkat atas di Komite Urusan Luar Negeri DPR, juga mengecam pemerintahan Biden karena "menutupi kegagalan mereka di Afghanistan".

Laporan tersebut menyiratkan bahwa evakuasi orang Amerika dan Afghanistan yang telah membantu upaya perang dapat dimulai lebih cepat.

"Kami sekarang memprioritaskan evakuasi lebih awal ketika menghadapi situasi keamanan yang memburuk," katanya di halaman tujuh.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)