Finlandia Resmi Gabung NATO Besok 4 April 2023, Rusia Perkuat Militer

Senin, 03 April 2023 - 19:53 WIB
loading...
A A A


Dia menambahkan, aliansi itu "akan mengibarkan bendera Finish untuk pertama kalinya ... di markas."

Finlandia dan Swedia mengajukan diri untuk menjadi anggota NATO pada Mei 2022, mengabaikan netralitas selama beberapa dekade. Langkah ini dilakukan tiga bulan setelah Rusia memulai operasi militernya di Ukraina.

Turki dan Hungaria telah menunda proses ratifikasi tetapi melunakkan sikap mereka terhadap aksesi Finlandia pada bulan Maret.

Ankara awalnya memblokir tawaran Swedia dan Finlandia karena kekhawatiran atas Helsinki dan dukungan lama Stockholm untuk Partai Pekerja Kurdistan, yang dipandang Turki sebagai kelompok teroris dan ancaman keamanan nasional yang serius.

Menyusul pertemuan yang diselenggarakan Madrid pada Juni 2022 antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan dua pemimpin Nordik, Ankara membatalkan keberatannya.

Satu memorandum keamanan ditulis untuk membuka blokir upaya Finlandia dan Swedia untuk memasuki NATO. Namun, proses itu kembali terhenti di Swedia pada Januari setelah insiden pembakaran Alquran di kedutaan besar Turki di Stockholm.

Pejabat Rusia telah berulang kali memperingatkan perluasan aliansi Barat lebih dekat ke Rusia tidak akan membuat kawasan itu lebih stabil atau aman.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)