Finlandia Resmi Gabung NATO Besok 4 April 2023, Rusia Perkuat Militer

Senin, 03 April 2023 - 19:53 WIB
loading...
Finlandia Resmi Gabung NATO Besok 4 April 2023, Rusia Perkuat Militer
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. Foto/REUTERS
A A A
HELSINKI - Finlandia secara resmi akan menjadi anggota NATO pada Selasa, 4 April 2023, menurut kantor Presiden Finlandia Sauli Niinisto, Senin (3/4/2023).

“Rusia akan meningkatkan potensi militernya ke arah barat dan barat laut sebagai tanggapan atas bergabungnya Finlandia dengan NATO pada 4 April,” ungkap Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko kepada Sputnik.

Menurut Grushko, Rusia akan mengambil langkah-langkah tambahan untuk memastikan keamanan militer jika terjadi pengerahan pasukan dan aset anggota NATO lainnya di Finlandia.

Sebelumnya, Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengumumkan negara itu akan bergabung dengan NATO pada 4 April.

"Finlandia akan menjadi Anggota NATO pada Selasa, 4 April 2023. Presiden Republik Finlandia Sauli Niinisto akan melakukan perjalanan ke Brussel dan menghadiri upacara aksesi di Markas Besar NATO," papar pernyataan itu.



“Finlandia akan mendepositkan instrumen aksesi Perjanjian Atlantik Utara dengan Departemen Luar Negeri AS di Brussels pada Selasa, 4 April, sebelum dimulainya pertemuan Menteri Luar Negeri NATO. Penyetoran akan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto. Upacara pengibaran bendera yang menandai aksesi Finlandia ke NATO akan diadakan di Markas Besar NATO setelah deposit," tambah pernyataan itu.

Niinisto dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg akan menyampaikan pidato di acara tersebut.

Sebelumnya, Stoltenberg mengonfirmasi Finlandia akan secara resmi bergabung dengan NATO pada 4 April, dan bendera negara itu akan dikibarkan di markas NATO di Brussel.

"Ini adalah pekan yang bersejarah. Besok, kami akan menyambut Finlandia sebagai anggota ke-31 NATO," ungkap Stoltenberg kepada wartawan menjelang pertemuan tingkat menteri di Brussel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)