Calon Anggota NATO Ini Buka Opsi Pasok Ukraina dengan Jet Tempur F/A-18 Hornet

Jum'at, 24 Maret 2023 - 19:50 WIB
loading...
A A A
"Pada tingkat umum, saya dapat menyatakan bahwa Ukraina telah meminta bantuan Finlandia, sama seperti semua negara anggota Uni Eropa dan negara mitra lainnya, untuk mendapatkan lebih banyak persenjataan bagi negara itu," katanya.

“Kebutuhan mereka terutama menyangkut amunisi dan semua material yang dikonsumsi setiap hari di Ukraina, tetapi mereka juga membutuhkan peralatan yang lebih berat, baik tank maupun pertahanan udara dan juga pesawat tempur.”

Ketika didesak lebih lanjut jika Finlandia telah menolak permintaan Ukraina untuk jet tempur F/A-18 Hornet, Marin mengatakan dia mungkin dapat membahas topik tersebut ketika Finlandia mengumumkan paket bantuan berikutnya kepada Zelensky.

"Garis untuk mendukung Ukraina bersatu. Diskusi tentang, misalnya, pengiriman jet tempur ke Ukraina diadakan secara luas di tingkat Eropa, dan banyak negara telah membuat keputusan ini. Kami juga tidak dapat menghindari diskusi ini di Finlandia, tetapi ini ada di depan kita juga," kata Marin kepada surat kabar tersebut.

Meskipun Marin mulai terbuka soal kemungkinan Finlandia mengirim jet tempur F/A-18 Hornet ke Ukraina, Menteri Pertahanan Finlandia Antti Kaikkonen mengatakan dia tidak ingin memberikan jet tempur Hornet ke Ukraina.

“Pandangan saya sebagai Menteri Pertahanan Finlandia adalah bahwa kami membutuhkan Hornet ini untuk mengamankan negara kami sendiri,” kata Kaikkonen pada konferensi pers hari Kamis, seperti dikutip Reuters, Jumat (24/3/2023).

"Saya memandang negatif gagasan bahwa mereka akan disumbangkan selama beberapa tahun ke depan. Dan jika kita melihat lebih jauh, pemahaman saya adalah bahwa mereka mulai usang dan hanya memiliki sedikit nilai guna yang tersisa."

Guy McCardle, redaktur pelaksana Special Operations Forces Report (SOFREP), mengatakan kepada Newsweek bahwa Hornet adalah jet yang kokoh dan terbukti dalam pertempuran.

Mengenai bagaimana Hornet dibandingkan dengan MiG-29 yang akan diterima Ukraina dari Polandia dan Slovakia, McCardle mengatakan bahwa kedua jenis jet itu “cukup cocok".

"MiG memiliki kecepatan tertinggi yang lebih tinggi pada 1.519 mil per jam tetapi jangkauan tanpa bahan bakar yang lebih rendah. Hornet menawarkan avionik yang unggul," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)