Pakar: Rusia Ubah Rudal Kinzhal Jadi Senjata Nuklir Bakal Rumit

Minggu, 12 Maret 2023 - 04:08 WIB
loading...
Pakar: Rusia Ubah Rudal Kinzhal Jadi Senjata Nuklir Bakal Rumit
Para pakar nuklir sebut Rusia mengubah rudal hipersonik Kinzhal menjadi senjata nuklir memungkinkan, tapi prosesnya sangat rumit. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia via REUTERS
A A A
KIEV - Para pakar nuklir mengatakan kemampuan Rusia untuk mengubah rudal hipersonik Kinzhal menjadi senjata nuklir memungkinkan tetapi itu merupakan proses yang rumit.

Rusia, pada hari Kamis, menembakkan enam rudal hipersonik Kinzhal dengan hulu ledak konvensional. Enam misil itu bagian 81 rudal berbagai jenis yang ditembakkan ke berbagai kota di Ukraina pada hari itu.

Areg Danagoulian, profesor ilmu dan teknik nuklir di Massachusetts Institute of Technology (MIT), mengatakan provokasi nuklir telah menjadi rutinitas atas nama Rusia selama perang berlangsung.

Dia mengatakan kepada Newsweek, Sabtu (11/3/2023) bahwa keseluruhan desain rudal dioptimalkan menjadi konvensional atau memiliki kemampuan nuklir. Modifikasi diadaptasi agar sesuai dengan setiap versi tertentu karena rudal hipersonik dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hampir kosmik.



Menurutnya, itu masalah kepraktisan, dan apakah mengubah rudal konvensional menjadi berkemampuan nuklir lebih mudah daripada membuat rudal baru. Dia mengatakan opsi terakhir lebih masuk akal.

“Mengambil rudal yang sudah memiliki versi konvensional dan memodifikasinya menjadi nuklir adalah proses yang sangat rumit,” kata Danagoulian.

"Ini tidak seperti mengeluarkan hulu ledak [konvensional] dan memasang hulu ledak nuklir. Bukan seperti itu," paparnya.

Dia mengatakan senjata nuklir memerlukan serangkaian fungsi unik yang merupakan bagian dari hulu ledak, dan hulu ledak nuklir memerlukan tautan tindakan permisif (PAL) yang pada dasarnya menjaga senjata semacam itu dari tangan yang "salah" dengan mengharuskan kode khusus diaktifkan untuk menembak.

"Rudal dan pesawat yang membawa hulu ledak membutuhkan PAL," kata Danagoulian."Dengan pesawat yang dimodifikasi untuk mendukung konfigurasi PAL."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)