Pakar: Rusia Ubah Rudal Kinzhal Jadi Senjata Nuklir Bakal Rumit

Minggu, 12 Maret 2023 - 04:08 WIB
loading...
Pakar: Rusia Ubah Rudal Kinzhal Jadi Senjata Nuklir Bakal Rumit
Para pakar nuklir sebut Rusia mengubah rudal hipersonik Kinzhal menjadi senjata nuklir memungkinkan, tapi prosesnya sangat rumit. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia via REUTERS
A A A
KIEV - Para pakar nuklir mengatakan kemampuan Rusia untuk mengubah rudal hipersonik Kinzhal menjadi senjata nuklir memungkinkan tetapi itu merupakan proses yang rumit.

Rusia, pada hari Kamis, menembakkan enam rudal hipersonik Kinzhal dengan hulu ledak konvensional. Enam misil itu bagian 81 rudal berbagai jenis yang ditembakkan ke berbagai kota di Ukraina pada hari itu.

Areg Danagoulian, profesor ilmu dan teknik nuklir di Massachusetts Institute of Technology (MIT), mengatakan provokasi nuklir telah menjadi rutinitas atas nama Rusia selama perang berlangsung.

Dia mengatakan kepada Newsweek, Sabtu (11/3/2023) bahwa keseluruhan desain rudal dioptimalkan menjadi konvensional atau memiliki kemampuan nuklir. Modifikasi diadaptasi agar sesuai dengan setiap versi tertentu karena rudal hipersonik dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hampir kosmik.



Menurutnya, itu masalah kepraktisan, dan apakah mengubah rudal konvensional menjadi berkemampuan nuklir lebih mudah daripada membuat rudal baru. Dia mengatakan opsi terakhir lebih masuk akal.

“Mengambil rudal yang sudah memiliki versi konvensional dan memodifikasinya menjadi nuklir adalah proses yang sangat rumit,” kata Danagoulian.

"Ini tidak seperti mengeluarkan hulu ledak [konvensional] dan memasang hulu ledak nuklir. Bukan seperti itu," paparnya.

Dia mengatakan senjata nuklir memerlukan serangkaian fungsi unik yang merupakan bagian dari hulu ledak, dan hulu ledak nuklir memerlukan tautan tindakan permisif (PAL) yang pada dasarnya menjaga senjata semacam itu dari tangan yang "salah" dengan mengharuskan kode khusus diaktifkan untuk menembak.

"Rudal dan pesawat yang membawa hulu ledak membutuhkan PAL," kata Danagoulian."Dengan pesawat yang dimodifikasi untuk mendukung konfigurasi PAL."

Rudal Kh-47M2 Kinzhal dapat melakukan perjalanan sejauh sekitar 1.250 mil dan memiliki muatan 480 kilogram (sekitar 1.058 pound). Itu berasal dari rudal 9K720 Iskander-M yang diluncurkan Rusia, menurut Pusat Studi Strategis dan Internasional.

Penelitian yang diterbitkan 23 Februari oleh Hans M. Kristensen, direktur Proyek Informasi Nuklir dengan Federasi Ilmuwan Amerika, dan Matt Korda, peneliti senior yang terkait dengan proyek tersebut, mengatakan bahwa cadangan senjata nuklir Rusia saat ini mencakup sekitar 4.477 hulu ledak.

“Dari jumlah tersebut, sekitar 1.588 hulu ledak strategis dikerahkan pada rudal balistik dan di pangkalan pesawat pengebom berat, sementara perkiraan tambahan 977 hulu ledak strategis, bersama dengan 1.912 hulu ledak nonstrategis, disimpan sebagai cadangan,” tulis mereka dalam laporan penelitian.

Sementara kendaraan pengiriman senjata Rusia yang dikerahkan di dekat Ukraina dianggap berkemampuan ganda, Kristensen dan Korda tidak melihat adanya indikasi bahwa Rusia telah mengerahkan senjata nuklir atau unit penahanan nuklir bersama dengan kendaraan pengiriman tersebut.

"Apa yang akan saya simpulkan dari ini adalah bahwa Rusia telah mengembangkan versi Kinzhal yang berkemampuan nuklir, sehingga mereka tidak perlu mengganti hulu ledak di Kinzhal yang tidak memiliki kemampuan nuklir," imbuh Robert Goldston, profesor ilmu astrofisika di Princeton University, kepada Newsweek.

“Namun saya tidak melihat dokumentasi tentang berapa banyak dari setiap jenis Kinzhal yang mereka miliki, dan berapa banyak MiG-31K yang mereka miliki yang mampu membawa Kinzhal nuklir,” paparnya.

Michael Duitsman, rekan peneliti di Middlebury Institute of International Studies di Monterey, California, mengatakan kepada Newsweek bahwa rudal konvensional dan nuklir tampak identik dari luar tetapi secara internal berbeda satu sama lain.

Hulu ledak nuklir Rusia, kata dia, biasanya membutuhkan tenaga listrik ekstra untuk mengoperasikan fitur hulu ledak tertentu, bersama dengan "sinyal khusus" yang berpotensi untuk menyelesaikan proses mempersenjatai hulu ledak.

"Akibatnya, varian Kinzhal konvensional tidak akan mampu mengirimkan hulu ledak nuklir, dan varian nuklir tidak akan mampu mengirimkan hulu ledak konvensional,” kata Duitsman.

Secara operasional, imbuh dia, hulu ledak nuklir non-strategis Rusia disimpan di pangkalan terpisah dari unit yang mampu meluncurkannya dan dijaga, dikelola oleh bagian khusus militer Rusia yang disebut Direktorat Kepala Kedua Belas atau 12 GUMO).

“Setelah menerima perintah dari pimpinan Rusia, unit 12 GUMO akan mengeluarkan hulu ledak nuklir dari bunker penyimpanan dan mengirimkannya ke unit yang bertanggung jawab untuk meluncurkan rudal tersebut,” katanya.

“Hulu ledak kemudian dikawinkan dengan rudal, yang kemudian dimuat ke pesawat," paparnya.

"Waktu yang diperlukan untuk proses ini akan bergantung pada kesiapan unit dan tingkat pelatihan, tetapi bisa dengan mudah memakan waktu beberapa jam."

Rusia mungkin telah membangun senjata yang dioptimalkan untuk nuklir, kata Danagoulian, setuju bahwa sulit untuk menentukan total persenjataan nuklir Rusia.

Menurutnya, Rusia mungkin menghabiskan musim dingin membangun lebih banyak rudal untuk mempersiapkan serangan musim semi dan musim panas.

Selain itu, memiliki opsi berkemampuan nuklir tidak membuat Rusia "lebih mungkin" menggunakan skenario terburuk.

“Jika Rusia ingin menggunakan senjata buatan Rusia, mereka punya begitu banyak pilihan, begitu banyak pilihan,” katanya. "Kinzhal sama sekali bukan senjata make-it-or-break-it."

Pensiunan kolonel Korps Marinir AS Mark Cancian mengatakan kepada Newsweek bahwa banyak rudal memiliki kemampuan duel, dengan Rusia mempertahankan lebih banyak senjata taktis daripada AS.

“Persediaan misil lain [Rusia] semakin menipis,” kata Cancian. "Mereka menggunakan banyak rudal Iran, misalnya."

Aspek lain yang berperan adalah seberapa produktif pertahanan udara Ukraina dalam menembak jatuh rudal Rusia. Itu karena pemahaman Ukraina bahwa target rudal itu spesifik.

"Ukraina cukup berhasil dalam pertahanan udara karena Rusia mengejar infrastruktur listrik," kata Cancian. "Itu adalah target titik, jadi Ukraina tahu di mana Rusia akan menyerang."

Namun, juru bicara Komando Angkatan Udara Ukraina Yurii Ihnat mengatakan pada Kamis di televisi pemerintah setelah serangan Rusia bahwa negaranya tidak memiliki kemampuan untuk melawan senjata-senjata tersebut.

Cancian mengatakan sistem pertahanan udara ada—seperti Stinger yang disediakan AS—tetapi dalam jumlah kecil. Dia yakin Kinzhal diproduksi secara minimal dan langka, jadi hanya digunakan pada kesempatan tertentu.

"Jumlah keamanan dan orang yang dapat melakukan pekerjaan untuk amunisi konvensional jauh lebih rendah daripada nuklir," katanya, merujuk pada fasilitas yang dijaga khusus yang dioperasikan oleh individu yang kredibel.

"Ada serangkaian persyaratan institusional untuk nuklir yang jauh lebih rumit."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)