NATO Buka Pusat Militer di Lithuania

Kamis, 03 September 2015 - 22:24 WIB
NATO Buka Pusat Militer di Lithuania
NATO Buka Pusat Militer di Lithuania
A A A
VILNIUS - Pakta Keamanan Atlantik Utara atau NATO meresmikan pusat militer mereka di ibukota Lithuania, Vilnius. Pembukaan pusat militer ini dilakukan di tengah kekhawatiran negara-negara Baltik atas kehadiran Rusia.

Sekjen NATO, Jens Stoltenberg, bersama Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite, secara resmi membuka pusat militer NATO, seperti dikutip dari ABC News, Kamis (3/9/2015). Menurut Stoltenberg, ini adalah sebuah kemajuan yang besar untuk sebuah solidaritas, kekuatan, dan kesiapan yang cukup besar.

Pusat militer NATO di Vilnius ini nantinya terintegrasi dengan enam markas kecil lainnya, yang- masing-masing dioperasikan oleh 40 staf. Enam markas kecil yang dibuka di bulan ini berlokasi di Bulgaria, Estonia, Latvia, Polandia dan Rumania. Pusat militer ini adalah bagian dari penguatan pertahanan kolektif terbesar pasca perang dingin.

Sementara itu, Grybauskaite menyambut baik keberadaan pusat militer NATO ini, dengan mengatakan mereka akan memastikan gerakan pasukan yang cepat dan efektif. "Dan mereka membantu mengirim pesan yang sangat jelas, tidak ada sekutu NATO yang berdiri sendiri," katanya merujuk pada agresi Rusia di Ukraina yang dinilai mengancam stabilisasi di Eropa. "Inilah sebab, mengapa kami memutuskan untuk meningkatkan keamanan kami," tambahnya lagi.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Lithuania, Juozas Olekas mengingat kembali peristiwa di Hungaria dan Cekoslovakia selama era Soviet. Menurutnya, agresi di Ukraina sekarang harus dihadapi dengan menunjukkan kesiapan untuk bertindak.

"Ini adalah satu-satunya jawaban yang dapat dipahami oleh Presiden Rusia Vladimir Putin," katanya dalam sebuah wawancara dengan Associateed Press awal pekan ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4760 seconds (0.1#10.140)