Lithuania: Rusia Coba 'Telan' Belarusia, Militer Barat Harus Bergerak

Senin, 14 Juni 2021 - 20:18 WIB
loading...
Lithuania: Rusia Coba Telan Belarusia, Militer Barat Harus Bergerak
Presiden Lithuania, Gitanas Nauseda, yang berbicara dalam pertemuan para pemimpin NATO di Brussels mengatakan bahwa kemerdekaan Belarusia terus terkikis. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Lithuania mengatakan bahwa Rusia berusaha untuk "menelan" Belarusia. Lithuania menuturkan bahwa aliansi militer Barat perlu bersatu dalam menghalangi Moskow.

Presiden Lithuania, Gitanas Nauseda, yang berbicara dalam pertemuan para pemimpin NATO di Brussels mengatakan bahwa kemerdekaan Belarusia terus terkikis.

"Belarusia kehilangan elemen terakhir dari kemerdekaan dan tren itu sangat berbahaya," ucapnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (14/6/2021).

"Saya berharap Presiden Amerika Serikat (AS), Biden akan mengirim pesan yang sangat jelas tentang ketegasan dan persatuan NATO, dan akan bereaksi dengan pesan yang sangat jelas tentang apa yang terjadi," katanya.

Nauseda menambahkan bahwa NATO tidak akan memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Rusia selama Moskow tidak mengubah arahnya.

Sementara itu, sebelumnya Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg menuturkan bahwa hubungan NATO dengan Rusia berada pada titik terendah sejak akhir Perang Dingin. Stoltenberg sebut hal ini disebabkan oleh tindakan bermusuhan Moskow.

“Ini karena tindakan agresif Rusia. Saya yakin bahwa para pemimpin NATO akan mengkonfirmasi pendekatan jalur ganda kami ke Rusia, pertahanan yang kuat dikombinasikan dengan dialog," ucapnya.

Pada saat yang sama, Stoltenberg mencatat bahwa NATO berusaha untuk berdialog dengan Moskow, sebuah fakta, katanya, bukanlah tanda kelemahan.

“Dialog sebenarnya adalah tanda kekuatan selama kita bersatu, selama kita kuat, maka kita bisa berbicara dengan Rusia”, ujarnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)