Deplu AS Peringatkan Rusia: Serang Lituania Sama dengan Menyerang Amerika

Rabu, 22 Juni 2022 - 14:46 WIB
loading...
Deplu AS Peringatkan Rusia: Serang Lituania Sama dengan Menyerang Amerika
AS peringatkan Rusia bahwa menyerang Lithuania sama dengan menyerang Amerika. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) bereaksi atas ancaman Rusia terhadap Lithuania . Melalui Departemen Luar Negeri (Deplu), AS mengatakan ancaman baru Rusia untuk menargetkan "penduduk Lithuania" telah mengingatkan akan janji Amerika untuk berperang bersama sekutu NATO yang mungkin diserang.

“Lithuania adalah anggota aliansi NATO,” juru bicara Deplu AS, Ned Price, menekankan.

“Kami mendukung komitmen yang telah kami buat untuk aliansi NATO. Itu termasuk, tentu saja, komitmen terhadap Pasal 5: Itu adalah landasan aliansi NATO,” tegasnya seperti dikutip dari Washington Examiner, Rabu (22/6/2022).

Price mengawali peringatan itu dengan komentar meremehkan tentang "gertakan Rusia." Hal itu tampaknya mencerminkan bagaimana kegelisahan tentang ketegangan militer yang meningkat di sekitar perang di Ukraina telah dikondisikan oleh pengakuan bahwa Rusia jauh lebih mungkin menggunakan ancaman semacam itu untuk tujuan propaganda daripada mengambil risiko bentrokan langsung dengan aliansi trans-Atlantik.

Baca juga: Lithuania Serukan Koalisi Angkatan Laut untuk Kawal Gandum Ukraina

“Sepertinya itu sebagian merupakan operasi pengaruh Rusia atau sedikit psyops,” kata seorang pejabat senior Eropa kepada Washington Examiner.



Kontroversi terbaru berpusat di Kaliningrad, bekas wilayah Prusia di Laut Baltik yang diperoleh Moskow setelah Perang Dunia Kedua. Distrik yang sangat termiliterisasi ini telah lama menghadirkan duri Rusia di pihak NATO. Namun, benteng ini sebagian tetap bergantung pada pasokan kereta api yang melintasi negara tetangga Lithuania — yang pekan lalu mengumumkan bahwa beberapa dari pengiriman itu harus dibatasi, sesuai dengan sanksi yang diberlakukan oleh Uni Eropa.

“Rusia tentu saja akan menanggapi tindakan permusuhan semacam ini,” kata kepala Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev, sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, pada Selasa kemarin.

“Langkah-langkah yang diperlukan akan segera diperkenalkan. Mereka akan memiliki konsekuensi negatif yang serius bagi penduduk Lithuania,” imbuhnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1398 seconds (11.97#12.26)