Ketika Keluarga Hindu dan Otoritas Islam Selangor Berebut Jasad Diduga Mualaf

Senin, 20 Februari 2023 - 13:37 WIB
loading...
A A A
Hakim mengatakan bahwa meskipun Raguram mengucapkan Kalimah Syahadat mungkin atau mungkin tidak dilakukan karena takut, fakta bahwa dia telah membuat pernyataan undang-undang pada tahun 2015 mengenai hal itu menunjukkan bahwa "ada—dalam pandangan hakim—konversi".

“Jika memang tidak ada pertanyaan tentang konversi almarhum, maka pertanyaannya adalah mengapa ada kebutuhan bagi almarhum untuk menegaskan SD. Tidak jelas apa yang mendorong almarhum untuk menegaskan SD yang dilakukan setelah lebih dari dua tahun dari konversi yang diklaim,” kata hakim.

Mengutip fakta-fakta dalam kasus ini, hakim mengatakan dia puas bahwa kasus Raguram bukanlah kasus "ab initio" atau di mana dia "tidak pernah menjadi seorang Muslim", tetapi ini adalah kasus penolakan atau di mana seseorang "bukan lagi seorang Muslim" dan inilah mengapa kasusnya harus diputuskan oleh pengadilan Syariah.

Hakim Pengadilan Tinggi mengutip baris ini dari keputusan tertulis ketua hakim tahun 2021 dalam kasus Rosliza: "Hanya dalam kasus penolakan di mana seseorang sudah mengaku atau menyatakan untuk memeluk agama Islam (terlepas dari apakah mereka benar-benar mempraktikkan iman) dengan berikutnya keputusan untuk mengubah apa yang mereka akui, bahwa masalah tersebut dipindahkan ke yurisdiksi Mahkamah Syariah.”

Hakim Pengadilan Tinggi kemudian mengomentari kasus Raguram: "Di sini, almarhum telah mengucapkan Kalimah Syahadat, yaitu proklamasi untuk memeluk agama Islam. Almarhum dikatakan mempraktikkan agama Hindu setelah mengaku masuk Islam."

“Ada juga SD yang ditegaskan oleh almarhum yang menyatakan dirinya beragama Hindu. Almarhum mengafirmasi SD yang menyatakan dirinya beragama Hindu dan mau dimakamkan menurut tata cara pemakaman Hindu, jika meninggal dunia. Oleh karena itu, pengadilan ini berpendapat bahwa masalah ini adalah yurisdiksi Pengadilan Syariah,” kata hakim.

“Kesimpulannya, pengadilan ini berpendapat bahwa pengadilan tidak memiliki yurisdiksi untuk mengadili status agama almarhum. Yurisdiksi kasus ini dalam pandangan pengadilan ini, berada dalam yurisdiksi Pengadilan Syariah. Karena pengadilan ini telah memutuskan tidak memiliki yurisdiksi untuk menyidangkan kasus ini, tidak akan mempertimbangkan masalah lain yang diajukan oleh pemohon,” pungkas hakim.

Keluarga Raguram diwakili oleh Kee Hui Yee, Rajo Kuppan, dan Surendra Ananth.

Arham Rahimy Hariri dan Mohamad Ariffuddin Hanafi mewakili Mais, sementara asisten penasihat hukum Selangor Irmawatie Daud mewakili Pengadilan Tinggi Syariah di Shah Alam dan pemerintah negara bagian Selangor.

Apa Berikutnya?
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)