Berkhianat, Agen Intelijen Jerman Bocorkan Posisi HIMARS Amerika pada Rusia

Senin, 20 Februari 2023 - 11:57 WIB
loading...
A A A
Situasi di Ukraina telah meningkatkan ketakutan di Jerman tentang serangan siber Rusia serta upaya sabotase terhadap infrastruktur vital.

Menyusul invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu, dinas intelijen AS dan Eropa berusaha untuk mengacaukan jaringan spionase Rusia.

Investigasi Jerman dilakukan setelah penangkapan tersangka agen Rusia di Belanda, Norwegia, Swedia, Austria, Polandia, dan Slovenia.

Menurut pejabat keamanan AS dan Eropa, layanan spionase Rusia telah mengalami lebih banyak kerusakan dalam satu tahun terakhir sejak akhir Perang Dingin. Namun, para pejabat itu khawatir bahwa Rusia tersebut masih memiliki kemampuan yang signifikan.

Kapasitas Rusia untuk melakukan operasi pengaruh di Eropa, mempertahankan kontak dengan informan, atau memberikan informasi kepada Kremlin tentang hal-hal penting—seperti sejauh mana para pemimpin Barat bersedia untuk terus meningkatkan pengiriman senjata ke Ukraina—tampaknya telah dihalangi oleh kampanye Rusia tersebut.

Jika benar, dampaknya dapat meningkatkan jumlah efek yang tidak dapat diramalkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, mantan perwira KGB di Jerman Timur, ketika dia memberikan perintah untuk menginvasi Ukraina.

Kasus Jerman telah meningkatkan kekhawatiran tentang masalah keamanan yang belum terselesaikan di Eropa dengan menunjukkan bahwa Moskow terus mendapatkan aliran rutin dokumen sensitif dari salah satu badan intelijen top Eropa, BND.

Berlin telah mengecilkan dampaknya dalam diskusi dengan layanan sekutu, tetapi sumber keamanan mengeklaim tersangka mata-mata memiliki akses ke informasi yang sangat sensitif.

Jerman hanya mengetahui tentang infiltrasi karena layanan sekutu Barat yang ditolak oleh otoritas BND. Setelah mengetahui pada bulan September melalui operasi gabungan bahwa dinas intelijen Rusia telah memperoleh materi BND yang sensitif, Linke menjadi sasaran "perburuan tikus".

Laporan media Jerman menunjukkan bahwa keseriusan pelanggaran tersebut membuat pemerintah Amerika Serikat, Inggris, dan negara lain mengurangi pertukaran intelijen dengan Berlin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)