Hebohnya Proyek Mukaab Mohammed bin Salman, Dianggap Tandingan Kakbah

Senin, 20 Februari 2023 - 11:05 WIB
loading...
Hebohnya Proyek Mukaab Mohammed bin Salman, Dianggap Tandingan Kakbah
Desain bangunan raksasa berbentuk kubus yang akan dibangun di Riyadh, Arab Saudi. Proyek Putra Mahkota Mohammed bin Salman ini dikritik karena kemiripan bentuknya dengan Kakbah di Makkah. Foto/Twitter @Seamus_Malek
A A A
RIYADH - Bangunan rakasasa Mukaab yang akan dibangun di Ibu Kota Arab Saudi , Riyadh, memicu kehebohan terutama dari komunitas Muslim. Sebab proyek dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman ini memiliki kemiripan dengan Kakbah, situs tersuci Islam.

pada Kamis pekan lalu, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) mengumumkan peluncuran Murabba Development Company, yang bertujuan untuk mengembangkan pusat kota modern terbesar di dunia di Riyadh.

Proyek ini akan menjadi saksi pembangunan kembali lingkungan bersejarah Al-Murabba (The Square) di Riyadh, yang disebut dinamai sesuai nama sumur berbentuk persegi yang menjadi asal nama daerah tersebut.

Istana Murabba yang dibangun di luar bekas tembok kota Riyadh Lama oleh pendiri kerajaan modern, Raja Adulaziz juga dinamai sesuai dengan landmark tersebut.



Menurut Arab News, Murabba Baru akan mencakup area hijau dan pedestrian, museum, universitas teknologi dan desain, teater serbaguna, serta tempat hiburan dan budaya lainnya.

“Area ini akan menjadi tuan rumah Mukaab, sebuah tengara ikonik yang menampilkan teknologi inovatif terbaru dan akan menjadi salah satu struktur bangunan terbesar di dunia dengan tinggi 400 meter, lebar 400 meter, dan panjang 400 meter dalam bentuk kubus untuk memastikan hasil maksimal dari pemanfaatan ruang," tulis Arab News dalam laporannya.

Laporan itu menambahkan bahwa bangunan berbentuk kubus akan terinspirasi oleh gaya arsitektur Najdi, mengacu pada Najd—tanah leluhur Arab tengah dari dinasti al-Saud yang berkuasa.

Mukaab diyakini akan menampung 20 bangunan seukuran Empire State Building New York dan memiliki menara spiral raksasa di tengahnya, untuk menghadirkan pengalaman yang imersif.

Mega proyek yang didukung oleh dana kekayaan kedaulatan kerajaan, Public Investment Fund (PIF), yang merupakan bagian dari strategi "Vision2030" yang lebih luas yang digariskan oleh MBS, diperkirakan akan menambah sekitar USD50 miliar ke ekonomi non-minyak, menciptakan 334.000 pendapatan langsung dan pekerjaan tidak langsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)