6 Balon Rusia Serbu Ibu Kota Ukraina, Sebagian Ditembak Jatuh

Kamis, 16 Februari 2023 - 07:50 WIB
loading...
A A A
Tetapi pusat penelitian itu juga mencatat pada hari Rabu bahwa Moskow telah mempertahankan sebagian besar angkatan udaranya tetap utuh dan mungkin mengerahkannya lebih aktif dalam fase perang selanjutnya.

Dalam laporan Military Balance tahunannya, alat referensi utama bagi para ahli pertahanan, IISS mengatakan tingkat kerugian untuk beberapa kelas tank paling modern Rusia mencapai 50 persen, memaksanya untuk bergantung pada model era Soviet yang lebih tua.

Ben Barry dari institut itu, seorang pakar perang darat, mengatakan kerugian peralatan itu “cukup serius” bagi militer Rusia.

Dia mencatat bahwa badan intelijen Norwegia dan Estonia baru-baru ini merilis sebuah laporan yang mengatakan bahwa ancaman langsung terhadap negara mereka "sangat berkurang" karena cara perang Ukraina menyedot pasukan Rusia dan menyebabkan kerusakan yang cukup besar pada mereka.

“Tapi kita harus ingat banyak dari Angkatan Udara Rusia–dan di luar Laut Hitam banyak Angkatan Laut Rusia–masih ada. Ketika badan intelijen mengatakan Rusia masih merupakan bahaya yang jelas dan nyata bagi Eropa Barat, saya pikir mereka benar,” kata Barry kepada Al Jazeera.

Henry Boyd, seorang peneliti di IISS, memperkirakan kerugian tank Rusia antara 2.000 hingga 2.300, dan Ukraina sekitar 700.

Ukraina menjanjikan sekitar 100 tank Barat modern, termasuk Abrams AS, Leopard Jerman, dan Challenger Inggris, yang kemampuannya jauh melebihi model Rusia yang lebih tua.

“Itu mungkin kemudian diterjemahkan menjadi tindakan tank [Rusia] yang kurang agresif dan kurang percaya diri karena para kru lebih peduli tentang tingkat ancaman yang disajikan kepada mereka,” kata Boyd.

Menurut laporan itu, Angkatan Udara Ukraina, sementara itu, mengalami tingkat penurunan 28 persen.

Pakar kedirgantaraan IISS Douglas Barrie mengatakan Rusia telah mempertahankan Angkatan Udara-nya sebagian besar tanpa cedera, beroperasi dari jarak jauh karena pertahanan udara Ukraina yang efektif dan kekurangan pasokan rudal udara-ke-permukaan jarak pendek taktis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)