AS Kucurkan Rp7,9 Triliun untuk Memproduksi Amunisi Artileri 155 mm bagi Ukraina

Rabu, 15 Februari 2023 - 18:40 WIB
loading...
AS Kucurkan Rp7,9 Triliun untuk Memproduksi Amunisi Artileri 155 mm bagi Ukraina
AS Kucurkan Rp7,9 Triliun untuk Memproduksi Amunisi Artileri 155 mm bagi Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) pada Selasa (14/2/2023) mengumumkan bahwa mereka telah memberikan USD522 juta (Rp7,9 triliun) kepada dua perusahaan untuk memproduksi amunisi artileri 155 mm untuk Ukrain a .

Seperti dilaporkan AFP, perintah tersebut, yang secara resmi diputuskan pada 30 Januari lalu, diberikan kepada Northrop Grumman Systems Corp. dan Global Military Products Inc. Perintah itu datang di tengah kekhawatiran bahwa Ukraina dengan cepat menghabiskan stok peluru artileri dari AS dan sekutu barat lainnya.



“Pengiriman amunisi baru dijadwalkan akan dimulai pada bulan Maret tahun ini,” kata Angkatan Darat dalam sebuah pernyataan. Kontrak tersebut didanai oleh Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina Pentagon.

Ukraina dan Rusia telah saling menembakkan amunisi artileri dalam jumlah besar sejak invasi Rusia dimulai hampir setahun yang lalu. Pada bulan November seorang pejabat AS mengatakan pasukan Rusia menembakkan sekitar 20.000 peluru artileri sehari.

Tingkat Ukraina adalah antara 4.000 dan 7.000 putaran per hari - lebih cepat daripada yang dapat diproduksi oleh pabrikan Barat sekutu untuk mengimbangi.



Tarif telah jatuh sejak saat itu, saat musim dingin tiba dan kedua belah pihak menghadapi kekurangan dan menghemat amunisi.

“Perang di Ukraina menghabiskan banyak sekali amunisi, dan menghabiskan persediaan sekutu,” kata kepala NATO Jens Stoltenberg, Senin.

“Tingkat pengeluaran amunisi Ukraina saat ini jauh lebih tinggi daripada tingkat produksi kami saat ini. Ini menempatkan industri pertahanan kita di bawah tekanan,” katanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)