Minta Bantuan Jet Tempur, Zelensky: Kemenangan Atas Rusia Akan Mengubah Dunia

Kamis, 09 Februari 2023 - 00:46 WIB
loading...
Minta Bantuan Jet Tempur, Zelensky: Kemenangan Atas Rusia Akan Mengubah Dunia
Presiden Ukraina Volodymr Zelensky berpidato di Westminnter Hall, Inggris. Foto/CNN
A A A
LONDON - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberikan pidato di depan Westminster Hall yang penuh sesak saat melakukan kunjungan mendadak ke Inggris . Dalam kesempatan itu, ia memberikan helm dari seorang pilot jet tempur Ukraina dengan kata-kata "Kami memiliki kebebasan, beri kami sayap untuk melindunginya."

Dalam pidato bersejarahnya di Parlemen Inggris, Zelensky mengatakan bahwa kemenangan atas Rusia akan mengubah dunia. Ia juga berbicara tentang bagaimana keberanian 'menghargai kemenangan'

"Kami tahu kebebasan akan menang. Kami tahu Rusia akan kalah dan ini akan mengubah dunia," ujarnya.

"Saya memohon kepada Anda dan dunia dengan kata-kata sederhana namun paling penting: pesawat tempur untuk Ukraina, sayap untuk kebebasan," imbuhnya.



"London telah berdiri bersama Kiev sejak hari pertama, dari detik dan menit pertama perang skala penuh, Inggris Raya Anda mengulurkan tangan membantu Anda ketika dunia belum memahami bagaimana harus bereaksi," ujarnya seperti dikutip dari Metro.co.uk, Kamis (9/2/2023).

Zelensky menggunakan pidatonya untuk mengucapkan terima kasih secara pribadi kepada mantan Perdana Menteri Boris Johnson.

"Boris: Anda membuat orang lain bersatu ketika tampaknya benar-benar mustahil. Anda tidak mengkompromikan Ukraina dan karenanya Anda tidak mengkompromikan cita-cita Anda dan dengan demikian Anda tidak mengkompromikan semangat pulau-pulau besar ini," ucap Zelensky.

Kunjungan mendadak Zelensky ke London menandai kedua kalinya dia meninggalkan negara itu sejak invasi Rusia pada Februari tahun lalu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)