Biden Ungkap Alasan AS Ogah Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

Selasa, 07 Februari 2023 - 18:12 WIB
loading...
Biden Ungkap Alasan AS Ogah Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina
Pesawat tempur F-16 Angkatan Udara AS mengikuti latihan Sabre Strike yang dipimpin AS di atas Estonia, 6 Juni 2018. Foto/REUTERS/Ints Kalnins
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan jet tempur F-16 Amerika harus tetap berada di negara itu dan tidak dikirim ke Ukraina.

Sebelumnya, dia memberi isyarat Washington tidak berencana mengirim pesawat tempur ke Kiev di tengah konflik dengan Moskow.

Berbicara kepada wartawan di Halaman Selatan Gedung Putih pada Senin (6/2/2023), Biden diminta menjelaskan mengapa dia menentang pengiriman F-16 untuk Ukraina.

“Karena kita harus menahan mereka di sini. Itu situasi yang sama sekali berbeda,” jawab dia, tanpa menjelaskan lebih lanjut.



Pernyataannya muncul setelah AS setuju bulan lalu untuk mengirim 31 tank M1 Abrams ke Ukraina, bersama dengan beberapa sekutu Washington yang setuju mengirim tank tempur modern juga.

Namun, sekitar waktu yang sama, Biden menolak gagasan mengirim jet tempur F-16 ke Kiev.

Penolakannya, bagaimanapun, tidak menghilangkan kemungkinan Washington dapat menyetujui ekspor ulang pesawat tempur dari negara lain.

Dalam wawancara dengan Financial Times bulan lalu, seorang eksekutif senior Lockheed Martin, yang memproduksi F-16, mengatakan ada banyak pembicaraan tentang transfer pihak ketiga F-16 ke Ukraina.

Dalam wawancara pada Senin, Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak ditanya apakah Warsawa akan menyerahkan jet F-16 ke Ukraina. Dia menjawab, "Kami memiliki terlalu sedikit, hanya 48."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)