Angkatan Laut AS Rilis Foto-foto Pertama Balon Mata-mata China yang Ditembak Jatuh

Rabu, 08 Februari 2023 - 14:48 WIB
loading...
A A A
VanHerck mengatakan pada Senin bahwa tim yang terlibat dalam upaya penemuan balon mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi dari kemungkinan ada bagian balon yang dipasangi bahan peledak.

Angkatan Laut juga menggunakan kapal untuk memetakan dan memindai dasar laut untuk semua bagian balon yang tersisa sehingga analis AS dapat memperoleh gambaran lengkap tentang jenis sensor apa yang digunakan dan untuk lebih memahami bagaimana balon dapat bermanuver.

Insiden tersebut meningkatkan ketegangan antara kedua negara, mendorong Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menunda rencana kunjungan ke ibu kota China yang diharapkan akan dimulai pada Minggu lalu.

China mengatakan keputusan menembak jatuh perangkat itu "berdampak serius dan merusak" hubungannya dengan AS.

Meski demikian, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby, pada Senin, mengatakan Washington tidak mencari konfrontasi.

Kirby menepis anggapan China bahwa balon itu untuk tujuan meteorologi, dengan mengatakan, "Itu menimbulkan kepercayaan ... bahwa ini adalah semacam balon cuaca yang mengambang di atas angin".

Pada Selasa, Pemimpin Mayoritas Senat AS Chuck Schumer mengatakan, "Pemerintahan (Biden) sedang melihat tindakan lain yang dapat diambil sebagai tanggapan atas balon tersebut.” Dia tidak memberikan perincian lebih lanjut.

Sementara legislator utama Demokrat mengakui hubungan AS-China "tegang", Schumer membela pemerintahan Presiden AS Joe Biden di tengah kritik dari Partai Republik, dengan mengatakan, “Tindakannya tenang, diperhitungkan, dan efektif."

“Ini adalah salah satu area di mana kita tidak membutuhkan politik. Jadi kita membutuhkan Demokrat dan Republik untuk bersatu,” papar Schumer.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)