Pasukan Israel Tewaskan 5 Personel Sayap Bersenjata Hamas di Tepi Barat

Selasa, 07 Februari 2023 - 00:30 WIB
loading...
Pasukan Israel Tewaskan 5 Personel Sayap Bersenjata Hamas di Tepi Barat
Pasukan Israel menyerang Tepi Barat dan menewaskan 5 personel sayap bersenjata Hamas. FOTO/Reuters
A A A
TEPI BARAT - Pasukan Israel membunuh lima pria bersenjata Palestina yang terkait dengan kelompok militan Islam Hamas . Insiden ini terjadi dalam serangan di kamp pengungsi di Tepi Barat yang diduduki, Senin (6/2/2023).

Kantor presiden Palestina menyebut kekerasan itu sebagai kejahatan. Palestina juga mendesak Amerika Serikat (AS) untuk menekan Israel agar menahan serangannya.



"Pemerintah Israel yang baru melanjutkan rangkaian kejahatannya terhadap rakyat Palestina kami," kata sebuah pernyataan dari kantor Presiden Palestina Mahmoud Abbas, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Jihad Abu Al-Assal, gubernur Jericho dan Lembah Yordan, mengatakan militer masih menahan tubuh orang-orang bersenjata itu. Tanpa akses ke jenazah, Kementerian Kesehatan Palestina tidak segera mengkonfirmasi kematian tersebut, hanya mengatakan bahwa tiga orang terluka, salah satunya kritis.

Militer mengatakan serangan itu dimaksudkan untuk menangkap sel militan yang melakukan serangan penembakan yang gagal di sebuah restoran di pemukiman Yahudi di Tepi Barat.



Kekerasan itu terjadi di tengah salah satu periode paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir di Tepi Barat dan pada minggu-minggu pertama pemerintahan baru Israel, yang telah berjanji akan mengambil sikap keras terhadap Palestina.

Sementara militer Israel mengaku sedang beroperasi di kamp pengungsi Aqabat Jabr untuk menangkap tersangka di balik serangan penembakan yang gagal bulan lalu di sebuah restoran Tepi Barat, di mana penyerang diduga digagalkan oleh kerusakan senjata.

“Para penyerang kemudian melarikan diri dari tempat kejadian,” kata pernyataan militer Israel. Ditambahkan pula, bahwa mereka yang tewas adalah anggota kelompok militan Hamas yang menguasai Jalur Gaza dan juga memiliki unsur-unsur di Tepi Barat.



Militer Israel mengaku sedang mencari sel militan di balik penembakan yang katanya telah menyegel diri di dalam sebuah rumah di kamp pengungsi. Selama pencarian, pasukan bertemu dengan orang-orang bersenjata dan baku tembak meletus. Militer mengatakan beberapa pria bersenjata yang tewas terlibat dalam percobaan serangan di restoran tersebut.

Berbicara di sebuah acara di lokasi serangan penembakan Palestina yang mematikan baru-baru ini, Netanyahu mengkonfirmasi laporan sebelumnya oleh pejabat keamanan Israel bahwa lima pria bersenjata tewas.

Hamas mengatakan kelima dari mereka yang tewas adalah anggota sayap bersenjatanya. Juru bicara Hamas Hazem Qassem mengatakan kekerasan itu akan ditanggapi dengan tanggapan. “Orang-orang kami dan perlawanan mereka tidak akan menunda menanggapi kejahatan ini,” sebut pernyataan Hamas.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)