Jepang-NATO Berjanji Bakal Merespons Tegas Ancaman China dan Rusia

Selasa, 31 Januari 2023 - 21:31 WIB
loading...
A A A
Tokyo telah memberlakukan sanksi terhadap Moskow bersama dengan mitra G7-nya dan telah mengambil langkah yang langka dengan mengirimkan peralatan pertahanan dan menawarkan perlindungan bagi mereka yang melarikan diri dari konflik.

Stoltenberg mengatakan dia dan Kishida juga berbagi keprihatinan atas "perilaku provokatif" Korea Utara, mulai dari aktivitas nuklir hingga uji coba rudal balistik.

Dia mengatakan China "bukan musuh kita" tetapi memperingatkan kehadiran militernya yang tumbuh di Asia termasuk senjata nuklir, mengintimidasi tetangga dan mengancam Taiwan, serta menyebarkan disinformasi tentang NATO dan Ukraina.

Pada gilirannya, Kishida mengatakan Jepang akan mendirikan kantor perwakilan independen untuk berurusan dengan NATO sebagai bagian dari upaya untuk memperdalam hubungan.



"Jepang juga akan mempertimbangkan partisipasi reguler dalam pertemuan tingkat tinggi yang diadakan oleh aliansi tersebut," tambah Kishida.

Pada bulan Desember, Jepang mengumumkan perombakan terbesar dalam strategi pertahanan dan keamanannya dalam beberapa dasawarsa.

Strategi baru tersebut mencakup rencana untuk meningkatkan pengeluaran pertahanan menjadi dua persen dari PDB pada tahun fiskal 2027, membawa Jepang sejalan dengan pedoman anggota NATO.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)