Gawat, NATO Siap Konfrontasi Langsung dengan Rusia!

Senin, 30 Januari 2023 - 07:04 WIB
loading...
Gawat, NATO Siap Konfrontasi Langsung dengan Rusia!
NATO menyatakan siap untuk konfrontasi langsung dengan Rusia. Foto/REUTERS/Pascal Rossignol
A A A
LISBON - Ketua Komite Militer NATO Laksamana Rob Bauer mengatakan aliansi siap untuk konfrontasi langsung dengan Rusia . Itu disampaikan dalam wawancaranya dengan saluran RTP Portugal ketika perang Moskow di Ukraina semakin memanas.

Bauer mengakui bahwa rearmanentatau mempersenjatai kembali adalah prioritas utama aliansi. Dia juga mengakui bahwa organisasi militer pimpinan Amerika Serikat (AS) tersebut telah kehilangan monopoli atas inisiatif militer.

Bauer ingat bahwa selama KTT NATO di Madrid tahun lalu, aliansi memutuskan untuk membentuk empat kelompok pertempuran multinasional tambahan di Bulgaria, Hongaria, Rumania, dan Slovakia sebagai tanggapan atas tindakan Rusia di Ukraina.



“Ini adalah sinyal penting bagi Rusia...Bahwa kami siap jika mereka memutuskan untuk mengejar NATO. Ini adalah garis merah. Jika ada garis merah, maka Rusia-lah yang melintasi perbatasan kami,” katanya, yang dilansir Minggu (29/1/2023).

Bauer mengatakan bahwa negara-negara NATO harus menyesuaikan produksi industri sipil dengan kebutuhan militer dan menyatakan dukungannya untuk gagasan "perang ekonomi di masa damai".

Dia menambahkan bahwa dirinyaa percaya tujuan strategis Rusia melampaui Ukraina, di mana Moskow ingin mengeklaim wilayah bekas Uni Soviet.

Ketika ditanya apakah NATO mengkhawatirkan eskalasi dalam perang Rusia-Ukraina, Bauer mengatakan bahwa sementara awal agresi Rusia merupakan eskalasi, keinginan Ukraina untuk merebut kembali wilayah yang menjadi miliknya bukanlah eskalasi.



"Jika (Rusia) menghentikan perang hari ini, tidak akan ada eskalasi," tegas Bauer.

Pada 19 Januari lalu Bauer mengatakan bahwa Rusia akan tetap menjadi ancaman bagi NATO bahkan jika pasukan Moskow dikalahkan di Ukraina.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)