Mengenal Wilayah Zaporizhzhia Ukraina yang Direbut Rusia

Rabu, 25 Januari 2023 - 16:12 WIB
loading...
A A A
ZNPP juga merupakan PLTN pertama dengan reaktor desain VVER yang membangun fasilitas penyimpanan kering bahan bakar bekas (SFDSF).

Desain VVER yaitu Water-Water Energetic Reactor merupakan serangkaian reaktor air bertekanan yang desain awalnya dikembangkan di Uni Soviet oleh OKB Gidropress.

OKB Gidropress merupakan anak perusahaan dari perusahaan energi atom negara, Rosatom.

Sebelum adanya invasi Rusia, Zaporizhzhia memiliki sejumlah tempat terkenal, seperti Sobornyi Avenue yang merupakan jalan utama kota Zaporizhzhia.

Kemudian ada pula Dnieper Hydroelectric Station, yaitu pembangkit listrik tenaga air yang berhasil selamat pada Perang Dunia II dan masih beroperasi hingga sekarang. Lalu, ada Rainbow Fountains Cascade, taman kecil yang ramah untuk keluarga.

Di Zaporizhzhia terdapat pohon ek yang mendapat gelar Pohon Nasional Ukraina, sejak tahun 2010. Diketahui, usia pohon ek Zaporizhzhia itu mencapai 700 tahun dan menjadi daya tarik populer di wilayah tersebut.

Akibat peningkatan air laut yang merusak sistem akar, pohon ini mulai mengering. Pada tahun 2015, pohon ek itu pertama kali tersambar petir semenjak 20 tahun terakhir.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)