Mengenal Wilayah Zaporizhzhia Ukraina yang Direbut Rusia

Rabu, 25 Januari 2023 - 16:12 WIB
loading...
Mengenal Wilayah Zaporizhzhia Ukraina yang Direbut Rusia
Pemandangan menunjukkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia selama konflik Rusia-Ukraina di wilayah Zaporizhzhia, 14 Oktober 2022. Foto/REUTERS/Alexander Ermochenko
A A A
ZAPORIZHZHIA - Perang antara Rusia dan Ukraina sudah hampir berjalan selama satu tahun. Namun sampai saat ini belum juga muncul sedikit pergerakan untuk berdamai, walaupun beberapa kali mengalami kemunduran.

Rusia terus meningkatkan pertempuran mereka terutama di wilayah Zaporizhzhia yang meningkat tajam. Zaporizhzhia merupakan tempat pertempuran sengit selama beberapa pekan terakhir.

Pasukan Rusia telah melancarkan lebih dari 160 penembakan dalam semalam, menurut Oleksandr Starukh yang menjabat sebagai Gubernur Zaporizhzhia.

Sejak awal invasi, sebagian Zaporizhzhia telah diduduki oleh pasukan Rusia. Kemudian, pada bulan September 2022, Moskow secara ilegal mendeklarasikan Zaporizhzhia beserta tiga wilayah Ukraina lainnya menjadi bagian dari wilayah Rusia.

Baca juga: Tak Hanya 1, AS Disebut Siap Kirim 50 Tank Abrams ke Ukraina

Zaporizhzhia terletak di sebelah tenggara negara Ukraina dan berada di kawasan Sungai Dnieper. Sebelumnya, Zaporizhzhia dikenal dengan nama Aleksandrovsk atau Oleksandrovsk, hingga tahun 1921.

Gubernur saat ini adalah Oleksandr Starukh. Tercatat pada tahun 2017, kota ini memiliki penduduk sebanyak 746.749 jiwa dengan luas wilayah 334 kilometer persegi.

Zaporizhzhia dikenal memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) terbesar di Ukraina. Tidak hanya itu, PLTN ini juga termasuk PLTN terbesar di Eropa dan pemasok listrik terkuat di Ukraina.

Baca juga: Zelensky Akui Mempersenjatai Ukraina adalah Peluang Bisnis Besar

PLTN Zaporizhzhia (ZNPP) menghasilkan setidaknya 40-42 miliar kWh, setara dengan seperlima produksi listrik rata-rata di Ukraina per tahun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1192 seconds (10.177#12.26)