Ditanya Soal Pembakaran Al-Quran, Menteri Luar Negeri Swedia Bungkam

Rabu, 25 Januari 2023 - 00:50 WIB
loading...
A A A


Billstrom juga menggarisbawahi bahwa Stockholm akan mematuhi memorandum yang ditandatangani Juni lalu antara dengan Turki dan Finlandia, di mana kedua negara Nordik berjanji untuk mengambil langkah-langkah melawan teroris untuk mendapatkan keanggotaan dalam aliansi NATO, yang mereka cari karena perang Rusia-Ukraina.

Di tengah pernyataan baru-baru ini dari Helsinki bahwa pihaknya dapat mempertimbangkan untuk mengajukan permohonan keanggotaan NATO tanpa Swedia, Billstrom mengatakan mitranya dari Finlandia mengatakan kepadanya bahwa ini tidak akan terjadi.

Dia mengatakan bahwa negosiasi sedang menghadapi kesulitan saat ini, dia mengatakan bahwa Swedia dan Finlandia akan bersama-sama mengevaluasi kembali masalah tersebut dan mengambil tindakan untuk kelanjutan memorandum tersebut seperti dikutip dari Anadolu, Rabu (25/1/2023).

Pada hari Senin, Billstrom menegaskan kembali bahwa pemerintahnya tidak mendukung pembakaran kitab suci tetapi juga mengklaim bahwa kebebasan berekspresi membuatnya legal dari sudut pandang Swedia.

"Pemerintah Swedia sangat jelas bahwa kami berdua memiliki kebebasan berekspresi di Swedia, tetapi kami juga telah menegaskan bahwa kami tidak memihak orang-orang yang telah melakukan ini," kata Billstrom menjelang pertemuan Menteri Luar Negeri Uni Eropa di Brussel.

Baca Juga: Kecam Tindakan Rasmus Paludan, Warga Turki Bakar Bendera Swedia
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)