4 Senjata Ukraina yang Dipasok oleh Jerman dan Inggris

Jum'at, 20 Januari 2023 - 19:24 WIB
loading...
A A A
Rudal ini memiliki berat 87,4 kg dan panjang 2,94 meter, dengan hulu ledak fragmentasi eksplosif tinggi.

3. Rudal Brimstone 1

4 Senjata Ukraina yang Dipasok oleh Jerman dan Inggris

Foto: Aviation Week

Inggris disebut akan mengirim rudal Brimstone 1 ke Ukraina pada Januari 2023 ini. Hal itu dilakukan agar Ukraina bisa lebih mampu melawan Rusia di medan perang. Tak tanggung-tanggung, Inggris berencana mengirimkan 600 unit rudal Brimstone 1 ke Kiev.

Melansir laman News ABP, Inggris adalah negara kedua yang paling banyak mengirimkan bantuan ke Ukraina, setelah Amerika Serikat (AS). Pada sepanjang tahun 2022, Inggris disebut sudah memberikan bantuan sebesar 2,3 miliar poundsterling.

Rudal Brimstone 1 diketahui dikembangkan oleh MBDA dan dirancang khusus untuk melakukan serangan presisi di berbagai sasaran atau target. Termasuk di dalam target itu adalah kapal, benteng, hingga kendaraan lapis baja sekalipun. Untuk bisa membidik secara akurat, rudal ini juga dilengkapi dengan pencari radar gelombang milimeter dengan jangkauan lebih dari 8 km.

4. Rudal Starstreak

4 Senjata Ukraina yang Dipasok oleh Jerman dan Inggris

Foto: The Times

Pada April 2022, sebuah video yang memperlihatkan helikopter milik Rusia tertembak dan terbelah menjadi dua, viral di media sosial. Rupanya, helikopter tersebut rusak usai ditembak oleh rudal Starstreak.

Rudal ini diketahui merupakan buatan Inggris yang dioperasikan oleh tentara Ukraina. Senjata tersebut mulai digunakan di Inggris pada tahun 1997, dengan panjang 1,39 meter dan diameter 1,27 meter.

Starstreak disebutkan memiliki berat hanya 14 kg dengan jangkauan tembakan hingga 5,5 km. Laman Military Today menyebut, rudal ini ampuh digunakan untuk melawan berbagai ancaman serangan helikopter dan pesawat terbang dengan ketinggian rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)