Gedung Putih Murka Lavrov Bandingkan Pendekatan AS dengan Holocaust

Kamis, 19 Januari 2023 - 14:35 WIB
loading...
Gedung Putih Murka Lavrov Bandingkan Pendekatan AS dengan Holocaust
Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengecam pernyataan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov yang membandingkan pendekatan Amerika Serikat (AS) ke Rusia dengan upaya Nazi untuk membasmi orang-orang Yahudi selama Holocaust .

“Reaksi pertama kami adalah betapa beraninya dia membandingkan apa pun dengan Holocaust, apa pun. Apalagi perang yang mereka mulai,” kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby dalam sebuah pengarahan.

“Hampir tidak masuk akal sehingga tidak layak untuk ditanggapi, selain dari cara yang benar-benar ofensif di mana dia mencoba menjebak kita dalam hal Hitler dan Holocaust,” tambahnya seperti dikutip dari The Hill, Kamis (19/1/2023).



Sebelumnya Lavrov menuduh AS berusaha membentuk koalisi negara-negara Eropa untuk menyelesaikan "pertanyaan Rusia" pada konferensi pers pada hari Rabu, merujuk pada rencana Nazi untuk genosida orang-orang Yahudi selama Perang Dunia II yang dikenal sebagai "Solusi Akhir".

“Mereka mengobarkan perang melawan negara kami dengan tugas yang sama: ‘solusi akhir’ dari pertanyaan Rusia,” kata Lavrov, menurut Reuters.

"Sama seperti Hitler menginginkan 'solusi akhir' untuk pertanyaan Yahudi, sekarang, jika Anda membaca politisi Barat...mereka dengan jelas mengatakan Rusia harus menderita kekalahan strategis," tambahnya.



Kremlin telah berulang kali berusaha menyatakan invasinya ke Ukraina sebagai upaya untuk "mendenazifikasi" negara itu, sebuah langkah yang telah memicu reaksi keras dari komunitas internasional.

Kirby mengatakan bahwa Ukraina tidak menimbulkan ancaman militer ke Rusia sebelum invasi, dan dukungan Barat untuk perjuangan Ukraina melawan Rusia adalah karena perbuatan Kremlin sendiri.

“Amerika Serikat atau negara-negara Barat tidak perlu menyediakan senjata dan kemampuan semacam ini ke Ukraina jika Ukraina tidak diserbu dengan cara yang tidak beralasan, oleh pasukan militer Rusia,” pungkasnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)