Pemimpin Donetsk: Tak Ada Alasan Ampuni Tentara Bayaran

Selasa, 14 Juni 2022 - 02:00 WIB
Pemimpin Donetsk: Tak Ada Alasan Ampuni Tentara Bayaran. FOTO/Reuters
MARIUPOL - Kepala Republik Rakyat Donetsk (DPR) Denis Pushilin mengatakan kepada wartawan pada Minggu (12/6/2022), bahwa dia tidak melihat alasan untuk mengampuni tentara bayaran asing yang dijatuhi hukuman mati di republik tersebut.

"Pertama, saya harus dipandu oleh keputusan pengadilan. Berdasarkan sifat pasal-pasal itu, pelanggaran yang mereka lakukan, saya tidak melihat alasan, tidak ada prasyarat bagi saya untuk mengeluarkan keputusan tentang pengampunan mereka," kata Pushilin, seperti dikutip dari kantor berita TASS.



Sebelumnya pada Kamis (9/6/2022), Mahkamah Agung Republik Rakyat Donetsk (DPR) menjatuhkan hukuman mati pada dua warga negara Inggris, Shaun Pinner dan Aiden Aslin, serta seorang Maroko, Saadoun Brahim karena berpartisipasi dalam permusuhan di pihak Angkatan Bersenjata Ukraina dalam kapasitas tentara bayaran.

Kedua terdakwa dilaporkan mengaku bersalah atas semua dakwaan. Mahkamah Agung DPR mulai mempertimbangkan kasus dua warga negara Inggris dan satu warga Maroko pada 6 Juni.



Kejaksaan Agung DPR sebelumnya mengatakan bahwa kesaksian para terdakwa menegaskan keterlibatan mereka dalam kejahatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 34 bagian 2 (kejahatan yang dilakukan oleh sekelompok orang), pasal 323 (perampasan kekuasaan secara paksa atau perampasan kekuasaan secara paksa) dan pasal 430 (tentaraan) KUHP DPR.



Di sisi lain, Ukraina melakukan segala yang mungkin untuk menyelamatkan tiga tentara bayaran tersebut. Hal itu diungkapkan seorang anggota parlemen di komite Keamanan dan Pertahanan Parlemen Ukraina, Sabtu (11/6/2022).

“Kementerian Pertahanan dan Direktorat Utama Intelijen, yang menangani pertukaran tahanan, mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memastikan warga negara asing ini diselamatkan,” kata anggota parlemen Fedir Venislavskyi di televisi nasional.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Iryna Vereshchuk mengatakan, dia yakin otoritas separatis pada akhirnya akan bertindak secara rasional. “Karena mereka sangat menyadari implikasi yang tidak dapat diperbaiki bagi mereka dan bagi Rusia jika mereka mengambil langkah yang salah terhadap ketiga tentara kita ini," jelasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(esn)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More