Rusia Izinkan Konvoi Pertama Warga Sipil Tinggalkan Mariupol yang Terkepung

Selasa, 15 Maret 2022 - 04:30 WIB
Rusia Izinkan Konvoi Pertama Warga Sipil Tinggalkan Mariupol yang Terkepung. FOTO/Reuters
MARIUPOL - Pasukan Rusia membiarkan kolom pertama mobil warga sipil Ukraina melarikan diri dari kota pelabuhan Mariupol yang dikepung, Senin (14/3/2022). Namun, pasukan Rusia memblokir konvoi bantuan yang mencoba mencapai kota itu, sebut laporan pihak Ukraina.

Diperbolehkannya konvoi warga sipil Mariupol meninggalkan wilayah kota terjadi setelah 10 hari upaya gagal untuk menyelamatkan warga sipil di bawah pemboman tanpa henti. Kota pelabuhan di tenggara Ukraina, yang sepenuhnya dikelilingi oleh pasukan Rusia sejak minggu pertama invasi, telah mengalami dampak kemanusiaan terburuk dari perang.





Dilaporkan Reuters, ratusan ribu orang berlindung di ruang bawah tanah tanpa makanan, air, atau tempat berlindung. Otoritas lokal Ukraina mengatakan sebanyak 2.500 warga sipil telah tewas di kota itu, jumlah korban yang tidak dapat dikonfirmasi secara independen. Pihak Rusia sendiri tetap membantah menargetkan warga sipil Ukraina.

"Pada pukul satu Rusia membuka pos pemeriksaan dan mereka yang memiliki mobil dan bahan bakar mulai meninggalkan Mariupol ke arah Zaporizhzhia," kata Andrei Rempel, perwakilan dewan kota Mariupol yang sekarang berada di Zaporizhzhia, kepada Reuters.

"Dalam dua jam pertama, 160 mobil tersisa. Mungkin sudah lebih banyak sekarang. Kota terus dibom, tapi jalan ini tidak dibom. Kami tidak tahu kapan mobil pertama bisa sampai ke Zaporizhzhia karena masih ada banyak pos pemeriksaan Rusia yang harus dilewati," jelasnya.



Namun Kyrylo Tymoshenko, ajudan senior Presiden Volodymyr Zelenskyy kemudian mengatakan bahwa Rusia sekali lagi memblokir konvoi bantuan kemanusiaan yang mencoba mencapai kota dengan persediaan.

Mendapatkan jalan yang aman untuk bantuan mencapai Mariupol dan warga sipil untuk keluar telah menjadi tuntutan utama Kiev di beberapa putaran pembicaraan. Semua upaya sebelumnya pada gencatan senjata lokal di daerah itu telah gagal.

Rekaman video drone yang dirilis oleh pasukan Ukraina di Mariupol menunjukkan tanah kosong yang sepi dari gedung-gedung yang dibom, banyak yang terbakar, dengan asap membubung ke langit.



Pasukan Rusia juga dilaporkan terus menekan Kiev dari timur laut dan barat laut, tetapi sejauh ini hanya membuat sedikit kemajuan menuju ibu kota. Meski demikian, pertempuran sengit telah membuat pinggiran kota Kiev menjadi puing-puing. Di Kiev sendiri, sebuah blok apartemen dihantam oleh rudal semalam, menewaskan sedikitnya satu orang, kata para pejabat.

"Tangganya sudah tidak ada lagi, semuanya terbakar," kata penghuni apartemen Maksim Korovii. Dia dan ibunya berlari ke balkon. "Kami berhasil mengenakan pakaian apa pun yang kami miliki dan berjalan dari balkon ke balkon dan pada akhirnya kami turun melalui pintu masuk gedung berikutnya," tambahnya.
(esn)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More