5 Negara yang Membolehkan Poliandri, 2 Ada di Asia

Jum'at, 11 Februari 2022 - 14:24 WIB
Kenya

Di Kenya ada Suku Massai yang mendiami danau-danau besar di Afrika, yang kerap menerapkan praktik poliandri. Dalam tradisi Suku Massai, jika seorang wanita menikah, maka ia juga turut menikahi teman-teman sebaya suaminya. Di negara ini pun tidak ada hukum khusus yang secara langsung melarang praktik perkawinan secara poliandri.

Jika teman-teman suami bermalam bersama sang wanita, nanti anak yang dilahirkan akan dianggap sebagai anak suami si wanita tersebut. Dulu pihak wanita tidak memiliki hak untuk menolak hal ini, namun kini wanita sudah memiliki pilihan untuk menemani pria yang bukan suaminya atau tidak.

Nigeria

Poliandri di Nigeria bukanlah suatu hal yang umum, namun ada suku-suku di sana yang mengizinkan praktik tersebut. Contohnya ialah Suku Irigwe di Nigeria Utara. Di lingkungan suku ini, wanita dapat memperoleh banyak pasangan yang disebut “rekan suami”.

Dalam praktik ini pihak wanita biasanya datang ke rumah teman suami untuk bertemu dan bermalam bersama. Praktik ini sempat diizinkan oleh pemerintah hingga tahun 1968, sebelum pemerintah melarang praktik ini.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(esn)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More