Jatuhkan Sanksi, Putin Ancam Biden dengan Kehancuran Total Hubungan AS-Rusia

Sabtu, 01 Januari 2022 - 15:04 WIB
Presiden Vladimir Putin mengancam Presiden Joe Biden dengan kehancuran total hubungan kedua negara jika AS menjatuhkan sanksi kepada Rusia terkait Ukraina. Foto/Business Insider
MOSKOW - Pembicaraan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan timpalannya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tampaknya tidak berjalan baik-baik saja, kalau tidak mau dibilang berlangsung panas. Keduanya saling melempar ancaman terkait krisis yang terjadi di perbatasan Ukraina .

Dalam pembicaraan yang berlangsung selama 50 menit via telepon itu, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Presiden Joe Biden bahwa hubungan antara kedua negara dapat runtuh jika AS menjatuhkan sanksi kepada Rusia atas tindakannya di Ukraina.

Ajudan Kremlin Yuri Ushakov mengatakan bahwa Putin mengatakan kepada Biden sanksi dapat menyebabkan kerusakan total dalam hubungan antara negara kedua negara.



"Presiden kami juga menyebutkan bahwa itu akan menjadi kesalahan yang akan dilihat oleh keturunan kami sebagai kesalahan besar," katanya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (1/1/2021).



Sebelumnya diwartakan jika Biden mengklaim telah menyampaikan ancaman tegas kepada Putin melalui telepon. Pemimpin Amerika itu mengatakan Rusia akan membayar harga yang mahal jika melangkah masuk ke Ukraina lagi.

“Saya menjelaskan kepada Presiden Putin bahwa jika dia membuat langkah lagi, jika dia masuk ke Ukraina, kami akan memiliki sanksi berat," kata Biden kepada wartawan saat meninggalkan restoran Wilmington, Delaware.



Memperkuat pernyataan Biden, Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan bahwa AS akan merespons hika Rusia terus maju dengan invasi Ukraina.

"Presiden Biden menegaskan bahwa kemajuan substantif dalam dialog ini hanya dapat terjadi di lingkungan de-eskalasi," katanya.

"Dia menjelaskan bahwa Amerika Serikat dan sekutu serta mitranya akan merespons dengan tegas jika Rusia menginvasi Ukraina lebih lanjut," sambungnya.

Pengerahan pasukan Moskow selama dua bulan terakhir membuat Barat khawatir, menyusul perebutan semenanjung Crimea Ukraina pada 2014 dan dukungannya terhadap kelompok separatis yang bertempur di Ukraina timur.



Rusia membantah berencana menyerang Ukraina dan mengatakan pihaknya memiliki hak untuk memindahkan pasukannya di wilayahnya sendiri sesuka hati.

Sebaliknya Moskow khawatir dengan apa yang dikatakannya akan mempersenjatai kembali Ukraina oleh Barat. Rusia mengatakan pihaknya menginginkan jaminan yang mengikat secara hukum bahwa aliansi NATO yang beranggotakan 30 negara tidak akan berkembang lebih jauh ke timur, dan senjata ofensif tertentu tidak akan dikerahkan ke Ukraina atau negara tetangga lainnya.

Putin telah membandingkan ketegangan saat ini dengan Krisis Rudal Kuba era Perang Dingin pada tahun 1962. Sedangkan Washington menganggap tuntutan Moskow yang banyak, termasuk pembatasan ekspansi NATO, sebagai hal yang tidak efektif.

(ian)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More