Inilah Reaksi Dunia atas Serangan Teroris di Gereja Nice, Prancis

Jum'at, 30 Oktober 2020 - 06:27 WIB
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyebut penikaman itu sebagai serangan barbar dan menggarisbawahi bahwa Inggris berdiri dengan teguh bersama Prancis melawan teror dan intoleransi.

Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga mengecam apa yang dia sebut; "Tindakan yang tidak dapat dibenarkan, yang tidak memiliki tempat dalam masyarakat kita".

"Berita buruk dari Nice, di mana serangan teroris di sebuah gereja merenggut beberapa nyawa. Pikiran kami bersama orang-orang yang dicintai para korban," kata Trudeau di Twitter.

Turki

Terlepas dari pertikaian diplomatik baru-baru ini antara Ankara dan Paris, Kementerian Luar Negeri Turki mengeluarkan pernyataan yang mengutuk serangan teroris di Nice. "Tidak ada alasan untuk mengambil nyawa seseorang," kata kementerian tersebut.

"Jelas bahwa mereka yang melakukan tindakan kekerasan seperti itu di tempat suci tidak menghormati nilai kemanusiaan, agama, atau moral," lanjut kementerian itu.

"Kami dengan tegas mengutuk serangan teroris yang menjijikkan di Notre-Dame Basilica di Nice. Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada rakyat Prancis," imbuh Ibrahim Kalin, juru bicara Presiden Recep Tayyip Erdoğan.

Belanda

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mencatat bahwa Prancis tidak sendirian dalam perang melawan ekstremisme.

Uni Eropa

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengutuk serangan keji dan brutal di Nice dan menyatakan bahwa dunia tetap bersatu dan bertekad dalam menghadapi barbarisme dan fanatisme.

Serbia

Presiden Serbia Aleksandar Vucic menyampaikan belasungkawa kepada kerabat mereka yang terbunuh dalam serangan di Nice, kepada rakyat Prancis, dan presiden negara itu Emmanuel Macron.

"Terorisme tidak akan pernah memenangkan nilai moral dan kemanusiaan yang kita miliki bersama," tulis dia di Twitter.

Arab Saudi

Arab Saudi, yang juga mengalami serangan penusukan di konsulat Prancis pada hari Kamis, dengan keras mengutuk serangan di Nice, dengan menyatakan bahwa kerajaan dengan tegas menolak tindakan ekstremis seperti itu dan praktik yang menghasilkan kebencian dan kekerasan.

Vatikan
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More