Horor Serangan Senjata Kimia Terdahsyat Sepanjang Masa

Senin, 07 September 2020 - 05:30 WIB
Sedang Agent Orange, meskipun tidak langsung mencederai, adalah herbisida yang disemprotkan di hutan Vietnam, Laos, dan Kamboja untuk memerangi gerilyawan Viet Cong. Pemerintah Vietnam mengklaim serangan gas Agent Orange telah menyebabkan hingga 400.000 kematian dan 1,5 juta cacat lahir. (Baca juga: AS bersihkan kimia berbahaya di hutan Vietnam)

3. Serangan Gas Sarin di Tokyo (1995)



Serangan senjata kimia sarin sebuah aliran sesat bernama Aum Shinrikyo, menewaskan 13 orang dan melukai 5.800 penumpang di Stasiun Kereta Cepat Tokyo, Jepang pada 1995. Insiden ini merupakan serangan senjata kimia terbesar di negeri matahari terbit.Meskipun bukan kelompok militer, Aum Shinrikyo dapat digolongkan sebagai "sekte kematian". (Baca juga: Jepang Eksekusi Enam Anggota Sekte Hari Kiamat Aum Shinrikyo)

4. Gas Racun Perang Dunia I (Juli 1917)



Militer Jerman lagi-lagi menggunakan senjata kimia untuk melumpuhkan lawan. Adalah gas mustard digunakan untuk pertama kalinya oleh tentara Jerman melawan Sekutu.

Gas mustard menjadi legenda Perang Dunia I, sangat menakutkan bahkan bagi prajurit yang paling berani sekalipun karena efeknya yang mengerikan. Serangan gas mustard pertama terhadap Sekutu menyebabkan 2.100 korban jiwa. Tiga minggu pertama penggunaan gas mustard menyebabkan jumlah korban sama dengan yang diderita Sekutu di tahun sebelumnya akibat serangan kimia. (Baca juga: 7 Perang Terbesar di Dunia)

5. Gas Racun Perang Dunia I (Desember 1915)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More