AS bersihkan kimia berbahaya di hutan Vietnam

Senin, 27 Agustus 2012 - 11:49 WIB
AS bersihkan kimia berbahaya di hutan Vietnam
AS bersihkan kimia berbahaya di hutan Vietnam
A A A
Sindonews.com - Amerika Serikat (AS) dan Vietnam mulai membersihkan agent orange (bahan kimia) yang disemprotkan di daerah-daerah luas di hutan Vietnam Selatan.

Pembersihan, terhadap 80 juta agent orange yang disemprotkan ke wilayah hutan bagian selatan Vietnam dalam Operation Ranch Hand yang dicampur, dan disimpan dan siram dari atas pesawat ini sudah puluhan tahun dinantikan oleh rakyat Vietnam.

Pembersihan agent orange ini mengandalkan teknologi pemanasan pada suhu tinggi, dimana senyawa dioksin berbahaya yang berada di lapisan tanah bagian teraratas ini di urai menjadi senyawa yang tidak lagi berbahaya.

Seperti diketahui, saat perang Vietnam berlangsung, tentara AS sengaja menggunduli hutan tersebut untuk menyibak persembunyian musuh dan menghancurkan perbekalan gerilyawan komunis Vietkong yang berlindung dengan menyemprotkan agent orange pada wilayah hutan Vietnam bagian selatan.

Setelah perang berakhir kimia berbahaya tersebut mewariskan penyakit berbahaya, seperti kanker dan cacat lahir bagi keluarga sejumlah keluarga yang tinggal di dekat pangkalan udara Danang di Vietnam.

Pangkalan tersebut menjadi lokasi utama dalam program penggundulan hutan Amerika selama perang. Disanalah sebagian besar 80 juta agent orange di gunakan.

Tiga dari lima anak salah satu warga yang berada di sekitar pangkalan tersebut, Nguyen Thi Binh (78) mengalami cacat mental fisik. Selama ini dirinya hanya menduga, derita yang dialami anaknya itu, akibat dosa-dosa dirinya semasa hidup. Sekarang dirinya baru menyadari, derita itu akibat kontaminasi dioksin.

"Selama perang, ketika kami tinggal dekat landasan, kadang kami harus menutup mulut karena bau yang aneh," kata warga Danang, Nguyen Thi Binh, 78 tahun seperti diberiitakan Radio Australia, Senin (27/8/2012).

Sementara itu, AS masih memperdebatkan kaitan antara cacat mental dengan penyemprotan agent orage di wilayah hutan Vietnam selatan.

Duta besar AS, David Shear dalam pembukaan operasi pembersihan agent orange mengatakan, operasi ini akan menjadi sebuah tonggak bersejarah. Setelah melakukan operasi pemanasan, AS juga akan meninjau kondisi lingkungan di sekitar pangkalan udara Bien Hoa yang terletak di sekitar hutan Vietnam Selatan.

"Kami juga menyatakan komitmen kami pada para korban cacat di Vietnam," ungkap Shear.

Dalam opersi pembersihan agent orange di VIetnam ini, sedikitnya menghabiskan biaya sebesar USD 40 juta.

Seperti diketahui, lima tahun pasca kimia berbahaya tersebut di semprotkan, warga yang tinggal di sekitar pangkalan Danang tetap melakukan rutinitas normal, seperti menangkap ikan, mandi dan memanen teratai dari Danau Sen.

Pemerintah Vietnam melaporkan, sedikitnya tiga juta orang terinfeksi agent orange, satu juta orang sakit, sementara 150 ribu bayi lahir dalam keadaan cacat.

Upaya para korban Vietnam meminta biaya kompensasi bagi penduduk Vietnam yang sakit tidak membuahkan hasil. Karena Mahkamah Agung Amerika di tahun 2009 menolak menangani kasus itu.

Pemerintah AS sebelumnya hanya memberikan biaya kompensai bagi para veteran tentara AS. Mereka menerima miliaran dolar untuk penyakit-penyakit yang berkaitan dengan agen orange, tapi tidak satupun dari pemerintah AS maupun perusahaan kimia AS yang mengaku bertanggung-jawab.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5381 seconds (0.1#10.140)