Trump Tuding Inggris Intervensi Pemilu AS, Akankan Hubungan Dua Anggota NATO Retak?

Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:15 WIB
"Saya pikir itu niat yang baik dan tidak terlalu serius pada tingkat etika, tetapi bagi saya itu tampak seperti pelanggaran hukum AS," katanya. "Sebagian besar negara tidak menginginkan partai politik asing mengatur keterlibatan dalam proses politik mereka."

Namun, Phelps mencatat bahwa intervensi Partai Buruh bersifat tingkat rendah dibandingkan dengan campur tangan Rusia, yang secara luas diyakini untuk mendukung kampanye Trump. “Kebanyakan campur tangan Amerika dalam pemilu tahun ini seperti dalam beberapa siklus terakhir adalah Rusia, yang menjalankan troll farm dan bot,” katanya.

Langkah Partai Buruh mungkin berakhir dengan bumerang, tanpa disadari menguntungkan kubu Republik. “Sangat mudah bagi Trump untuk mengatakan: lihat campur tangan asing ini atas nama kampanye Harris untuk mengimbangi kecurigaan yang timbul dari upaya Rusia untuk mendukung kampanyenya,” kata Phelps.

5. Bukan Hal Baru

Pada tahun 2004, pemerintahan Buruh Tony Blair juga dituduh oleh politisi oposisi Inggris mencoba membantu kampanye Presiden AS George W Bush untuk pemilihan kembali dengan memindahkan pasukan Inggris lebih dekat ke Baghdad, pada saat Bush berada di bawah tekanan karena perangnya di Irak.

Bagaimana hal ini dapat memengaruhi hubungan Inggris-AS jika Trump menang?

Starmer bersikeras bahwa ia memiliki “hubungan baik” dengan Trump dan bahwa hubungan ini tidak akan terancam oleh pengaduan tersebut.

"Saya menghabiskan waktu di New York bersama Presiden Trump, makan malam dengannya dan tujuan saya melakukan itu adalah untuk memastikan bahwa di antara kami berdua, kami menjalin hubungan baik, yang kami lakukan, dan kami berterima kasih kepadanya karena telah meluangkan waktu," Starmer dikutip oleh media Inggris sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang surat tersebut.

"Kami melakukan diskusi yang baik dan konstruktif dan, tentu saja, sebagai perdana menteri Inggris, saya akan bekerja sama dengan siapa pun yang dipilih rakyat Amerika sebagai presiden dalam pemilihan mereka yang sekarang sudah sangat dekat."

Media Inggris melaporkan bahwa Starmer bertemu Trump pada bulan September, ketika ia mengunjungi Trump Tower di New York. Sebelum pertemuan tersebut, kandidat presiden dari Partai Republik tersebut menggambarkan Starmer sebagai pria yang "sangat baik" yang "berhasil memenangkan pemilihan umum Inggris pada bulan Juli.

AS dan Inggris telah menjadi mitra yang langgeng selama beberapa dekade, bekerja sama dalam berbagai sektor. "AS memahami Inggris sebagai sekutu utamanya, jauh melampaui siapa pun yang menjadi presiden - ada operasi intelijen, operasi militer, operasi diplomatik," kata Phelps. “Semua koneksi institusional itu tidak akan terganggu oleh ini.”
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More