Media Asing Soroti Bagaimana Jokowi yang Akan Lengser Arahkan Putranya ke Kursi Wapres

Selasa, 15 Oktober 2024 - 15:29 WIB
Presiden menganggapnya sebagai indikasi bahwa dia tidak akan dapat memengaruhi calon itu nanti, kata lima anggota dan penasihat partai tersebut kepada Reuters.

Hubungan dengan Rakyat



Gibran tidak memiliki keterampilan ayahnya dalam politik ritel, kata Firman Noor. "Jokowi punya hubungan dengan rakyat, tapi Gibran canggung."

Pada bulan Juni, Gibran meminta maaf setelah membagikan buku catatan kepada anak-anak saat berkunjung ke sebuah sekolah dengan wajah putranya yang masih kecil di sampulnya, yang mendorong para kritikus bercanda bahwa anak itu adalah orang berikutnya yang akan mencalonkan diri sebagai pejabat.

Menurut dua orang yang mengetahui percakapan tersebut, penasihat Jokowi memperingatkannya pada tahun 2020 saat Gibran mencalonkan diri sebagai wali kota tentang gaya komunikasinya yang buruk.

Jokowi mengakui kekhawatiran tersebut tetapi percaya bahwa posisi yang pernah dipegangnya adalah tempat pelatihan yang baik untuk politik nasional, kata seorang sumber.

Salah satu kendala rencana tersebut adalah FX Hadi Rudyatmo, ketua PDI-P Surakarta. Awalnya, dia tidak mendukung keputusan untuk mencalonkan Gibran, kata Hasto Kristiyanto kepada Reuters.

Dalam upaya untuk menenangkan pejabat tersebut, Jokowi menawarinya jabatan wakil menteri, yang ditolaknya, kata Hasto.

Hadi Rudyatmo tidak menanggapi permintaan komentar.

Presiden juga memanggil jaringan relawannya yang berpengaruh, Projo, untuk membantu kampanye Gibran, kata seorang sumber yang mengetahui upaya tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More