Media Asing Soroti Bagaimana Jokowi yang Akan Lengser Arahkan Putranya ke Kursi Wapres

Selasa, 15 Oktober 2024 - 15:29 WIB
Banyak orang berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Juru bicara Jokowi serta Gibran dan Prabowo tidak menanggapi permintaan komentar Reuters.

Wakil presiden memiliki sedikit kewenangan berdasarkan undang-undang, jadi pengaruh Gibran akan bergantung pada hubungannya dengan Prabowo.

Reuters tidak dapat memastikan apa saja tanggung jawabnya, tetapi lima orang yang dekat dengan presiden terpilih tersebut mengatakan posisi yang difokuskan pada digitalisasi ekonomi, mengawasi ibu kota baru, atau program pangan andalan Prabowo yang sedang dipertimbangkan.

Gibran akan menjadi wakil presiden termuda Indonesia setelah menjabat hanya tiga tahun sebagai Wali Kota Surakarta.

"Orang-orang mengatakan bahwa kemungkinan besar dia akan menjadi bebek lumpuh," kata Firman Noor, seorang peneliti politik di lembagathink tankpemerintah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Pancake dan Politik



Dinasti politik bukanlah fenomena baru di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, di mana mantan presiden Megawati Sukarnoputri adalah putri dari presiden pertama Indonesia; Sukarno, dan Prabowo menikah dengan putri almarhum presiden kedua Indonesia; Suharto.

Namun, asal-usul Jokowi yang sederhana sebagai putra seorang penjual kayu skala kecil dan kurangnya ikatan dengan lembaga politik Indonesia sebelumnya menarik banyak pemilih dan membantunya memenangkan dua kali pemilihan presiden.

Sampai Gibran mengumumkan pencalonannya sebagai wali kota pada tahun 2019, putra Jokowi itu tidak terlibat aktif dalam politik. Dia sibuk menjalankan bisnis yang berhubungan dengan makanan, termasuk bisnis yang menjual pancake yang diisi dengan cokelat dan keju.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More