6 Alasan Uni Soviet Versi Baru Bangkit, Salah Satunya Memperkuat Aliansi Hadapi Perang Dunia III

Senin, 14 Oktober 2024 - 13:17 WIB

3. Memperkuat Interaksi Politik

Selain itu, CIS menjadi platform untuk interaksi politik – seperti membahas kepentingan bersama, masalah diplomatik, dan menyelesaikan perselisihan. Saat ini, CIS membahas masalah keamanan, migrasi, dan topik penting lainnya yang memengaruhi semua negara anggota.

KTT tersebut telah menunjukkan bahwa format CIS masih relevan dan memiliki banyak potensi, meskipun dalam beberapa tahun terakhir, beberapa pakar telah menyatakan skeptisisme tentang masa depan organisasi tersebut.

"Namun, situasi geopolitik saat ini hanya memperkuat hubungan Rusia dengan bekas republik Soviet. CIS merupakan platform yang sangat penting untuk mempromosikan integrasi dengan negara-negara yang bukan bagian dari Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) atau Uni Ekonomi Eurasia (EAEU) – Azerbaijan, Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Moldova – tetapi yang memandang Rusia sebagai mitra utama. Misalnya, pada KTT tersebut, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menggambarkan hubungan antara Azerbaijan dan Rusia sebagai sekutu," jelas Ibragimov.

Kebijakan anti-Azerbaijan dari Kongres dan Dewan Perwakilan Rakyat AS (yang menuntut untuk menjatuhkan sanksi pada negara tersebut), dan retorika agresif Prancis mendorong Azerbaijan untuk menetapkan prioritasnya di bidang kebijakan luar negeri. Fakta bahwa negara tersebut mengajukan permohonan untuk bergabung dengan BRICS keesokan harinya setelah Putin menyelesaikan kunjungan kenegaraannya ke Baku dengan jelas menunjukkan prioritas geopolitik negara tersebut.

4. Ukraina Adalah Pendiri CIS

Apa yang awalnya merupakan pertemuan berformat sempit kemudian berlanjut dalam format yang diperluas dan melibatkan anggota delegasi dari negara-negara anggota CIS.

Di antara para pemimpin yang menghadiri Dewan Kepala Negara CIS adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev, Presiden Kirgistan Sadyr Japarov, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon, Presiden Turkmenistan Serdar Berdimuhamedow, Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev, dan Sekretaris Jenderal CIS Sergey Lebedev.

Moldova tidak berpartisipasi dalam pertemuan puncak tersebut, meskipun tetap menjadi anggota CIS. Ketidakhadiran Presiden Moldova Maia Sandu tidak banyak diketahui, sama seperti ketidakhadiran perwakilan dari Kiev. Meskipun secara teratur menyatakan niatnya untuk memutuskan semua hubungan dengan CIS, Ukraina masih belum melakukannya.

Penting untuk dicatat bahwa Kiev selalu menempati tempat yang unik di CIS. Kiev adalah anggota pendiri organisasi tersebut, tetapi tidak meratifikasi Piagam CIS, yang akan menjadikannya anggota penuh, meskipun menandatangani banyak dokumen dan berpartisipasi dalam kegiatan CIS hingga kudeta 2013-2014.

"Ukraina tetap menjadi bagian dari Kawasan Perdagangan Bebas CIS, dan perjanjian utama CIS – seperti Perjanjian tentang Pembentukan Persemakmuran Negara-negara Merdeka dan Protokol Alma-Ata (yang sering dirujuk Kiev) – masih berlaku di Ukraina. Meski terdengar tidak masuk akal, secara hukum dan formal, Ukraina tetap menjadi anggota CIS," papar Ibragimov.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More