6 Alasan Uni Soviet Versi Baru Bangkit, Salah Satunya Memperkuat Aliansi Hadapi Perang Dunia III

Senin, 14 Oktober 2024 - 13:17 WIB
Uni Soviet versi baru akan bangkit untuk menghadapi Perang Dunia III. Foto/Sputnik
MOSKOW - Pertemuan Dewan Kepala Negara Persemakmuran Negara-negara Merdeka (CIS) berlangsung di Moskow minggu ini. Namun, itu menunjukkan bagaimana kebangkitkan Uni Soviet gaya baru.

CIS sering disebut sebagai organisasi yang tidak efisien, dan dikritik karena gagal membuat kemajuan signifikan dalam hal integrasi. Beberapa negara anggota, seperti Georgia dan Ukraina, telah meninggalkan organisasi tersebut atau tidak mengambil bagian dalam kegiatannya. Meskipun demikian, terlepas dari tantangan ini, CIS tetap menjadi platform utama untuk interaksi antara negara-negara yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet.

KTT para pemimpin CIS baru-baru ini di Moskow menjadi momen penting untuk menghidupkan kembali organisasi tersebut. Rusia telah menetapkan prioritas geopolitiknya dengan jelas, dan sementara negara-negara Barat berupaya untuk membagi wilayah pasca-Soviet melalui konflik atau secara langsung menariknya ke dalam lingkup pengaruh mereka, upaya mereka sebagian besar gagal.



Namun, Barat terus menjalankan strateginya untuk mengganggu hubungan antara Rusia dan negara-negara pasca-Soviet, yang sangat penting bagi Moskow karena alasan historis dan tradisional, serta karena pertimbangan keamanan dan kepentingan nasional.

6 Alasan Uni Soviet Versi Baru Bangkit, Salah Satunya Memperkuat Aliansi Hadapi Perang Dunia III

1. Putin Mendorong Pentingnya Kerja Sama Bekas Republik Soviet

Selama pertemuan puncak tersebut, Presiden Rusia Vladimir Putin menekankan pentingnya bekas republik Soviet bagi Rusia. Ia mengatakan interaksi dalam kerangka CIS merupakan salah satu prioritas utama kebijakan luar negeri Rusia, dan menegaskan bahwa negara-negara CIS adalah tetangga, teman, dan mitra strategis terdekat bagi Moskow.

Putin mencatat bahwa para pemimpin CIS secara teratur membahas masalah-masalah internasional dan regional, dan membentuk sikap yang bersatu mengenai masalah-masalah ini. Ia juga mengatakan pandangan mereka tentang banyak hal sangat selaras atau bahkan identik.

"Mengingat iklim geopolitik saat ini dan tekanan Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap negara-negara pasca-Soviet (sebuah fakta yang mereka akui secara terbuka), anggota CIS terus mempertahankan hubungan dengan Moskow berdasarkan kepentingan politik dan ekonomi yang rasional dan pemahaman yang realistis tentang situasi tersebut," kata Farhad Ibragimov – pakar, dosen di Fakultas Ekonomi Universitas RUDN, dosen tamu di Institut Ilmu Sosial Akademi Kepresidenan Rusia untuk Ekonomi Nasional dan Administrasi Publik, dilansir RT.

2. Integrasi Ekonomi Uni Soviet

Setelah runtuhnya Uni Soviet, republik-republik yang baru merdeka menghadapi tantangan ekonomi yang signifikan, karena ekonomi mereka telah terintegrasi erat dengan ekonomi Uni Soviet.

"CIS memberi negara-negara ini kesempatan untuk melanjutkan kolaborasi di bidang perdagangan, keuangan, transportasi, dll., yang membantu mengurangi dampak negatif dari keretakan ekonomi ini," ungkap Ibragimov.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More