Tentara Israel Sebut Serangan ke Iran Sangat Serius dan Signifikan

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 21:12 WIB
"Jika saya berada di posisi mereka, saya akan memikirkan alternatif lain selain menyerang ladang minyak," kata Biden saat tampil langka di jumpa pers harian Gedung Putih.

Awal minggu ini, Biden mengatakan dia menentang Israel yang juga menargetkan situs nuklir Iran.

Pernyataan terbaru Biden muncul sehari setelah dia mengatakan gagasan serangan Israel terhadap situs minyak Iran "sedang dibahas," yang menyebabkan harga minyak melonjak di tengah kekhawatiran akan guncangan tiba-tiba pada pasokan global.

Namun, pada hari Sabtu, menteri perminyakan Iran Mohsen Paknejad mengatakan bahwa dia "tidak khawatir" tentang meningkatnya konflik di wilayah tersebut di tengah laporan bahwa Israel akan menyerang Iran, situs berita kementerian Shana mengatakan.

Komentar Paknejad dibuat selama kunjungan ke Assaluyeh, ibu kota energi Iran.

Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi juga mengindikasikan bahwa Iran ingin meredakan situasi, memperbarui seruan untuk gencatan senjata di Gaza dan Lebanon saat dia mengadakan pembicaraan dengan sekutu negaranya di Suriah.

"Masalah terpenting saat ini adalah gencatan senjata, terutama di Lebanon dan di Gaza," katanya kepada wartawan. "Ada inisiatif dalam hal ini, ada konsultasi yang kami harap akan berhasil."

Kunjungan Araghchi ke Damaskus, yang pertama sejak menjabat pada bulan Agustus, terjadi hampir setahun setelah kelompok teror Hamas yang didukung Iran menyerang Israel pada tanggal 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 251 orang serta memicu perang di Gaza.

Konflik tersebut juga melibatkan proksi Iran di Lebanon, Hizbullah, yang mulai menembakkan ribuan roket ke Israel pada tanggal 8 Oktober yang memaksa Israel untuk mengevakuasi ribuan penduduk dari dekat perbatasan.

Bulan lalu, Israel secara tajam mengintensifkan kampanyenya melawan Hizbullah karena berjanji untuk mengusir kelompok teror itu dari perbatasan dan mengizinkan penduduk untuk kembali ke rumah dengan selamat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More