China Tembakkan Rudal Antarbenua ke Pasifik, Sekutu AS Ketir-ketir

Jum'at, 27 September 2024 - 10:54 WIB
"(Uji coba) itu kemungkinan menunjukkan modernisasi nuklir China yang sedang berlangsung yang terwujud dalam persyaratan baru untuk pengujian," imbuh dia.

Sekutu AS Ketir-ketir



Namun, Kementerian Pertahanan China menyebut uji tembak ICBM itu sebagai "pengaturan rutin dalam rencana latihan tahunan kami."

"Itu sejalan dengan hukum internasional dan praktik internasional dan tidak ditujukan terhadap negara atau target mana pun," katanya.

Pentagon mengatakan Amerika Serikat menerima beberapa pemberitahuan lanjutan tentang uji coba ICBM China tersebut, menggambarkannya sebagai "langkah ke arah yang benar" yang membantu mencegah "salah persepsi atau salah perhitungan".

Namun Jepang, salah satu sekutu AS, mengaku tidak diberi pemberitahuan sebelumnya dari pihak China, dengan juru bicara pemerintah menambahkan bahwa eskalasi militer Beijing merupakan "kekhawatiran serius".

Sekutu AS lainnya, Australia, mengatakan pihaknya tengah mencari penjelasan atas peluncuran ICBM China.

"[Australia] prihatin dengan tindakan apa pun yang dapat mengganggu stabilitas dan meningkatkan risiko salah perhitungan di kawasan tersebut," kata pemerintah Australia.

Selandia Baru juga mengatakan peluncuran rudal tersebut, yang mendarat di Pasifik Selatan, merupakan "perkembangan yang tidak diharapkan dan mengkhawatirkan".

Seorang juru bicara Menteri Luar Negeri Selandia Baru mengatakan pihaknya berjanji akan berkonsultasi lebih lanjut dengan sekutu-sekutu Pasifik saat rinciannya menjadi jelas.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More